Jadi Malas Masak Ikan Karena Bau Amis? Coba 6 Tips Ini Agar Ikan Tak Bau Amis

  • Februari 18, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 1 Comments





Assalamualaikum.

Apa emak seringkali masak ikan tapi bau amisnya masih belum hilang? Jadinya kita lebih memilih memasak ayam,  daging dan lainya, ya tidak apa-apa juga sih masak daging,  ayam dan lauk pauk lainya itu pun banyak mengandung gini yang baik bagi tubuh,  akan tetapi kita perlu juga memasukan ikan kedalam daftar makanan yang wajib kita konsumsi. Kenapa?  Karena ikan adalah makanan yang bergizi, mengandung asam amino,  protein yang pendek yang mudah dicerna oleh anak-anak, vitamin A,  vitamin D dan mengandung asam lemak omega 3. Wah banyak bukan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi ikan. 

Ikan ini selain bisa diolah dengan cara digoreng,  kamu pun bisa menikmatinya dengan dibakar,  yang sering kita dengar ikan bakar.  Ada pula ikan asap,  pepes, cobek, pencak, dan lain sebagainya. Proses memasak ikan itu yang terkadang membuat kita,  menemukan bau amis yang bagi sebagian orang tak menyukainya. Namun jangan khawatir, kali ini saya akan berbagi tips agar ikan yang akan kamu masak tidak bau amis. Apa saja kah itu? gak pake lama, yuk kita simak.

1. Jeruk Nipis
Jeruk kecil ini,  manfaatnya banyak juga lho,  selain mampu menyingkirkan lemak, eits lemak apa dulu nih,  Hehehe..lemak bandel di piring atau wajan  yang kita gunakan untuk makan dan memasak tentunya,  bukan lemak dalam perut,  ups keceplosan Hehehe. Jeruk nipis  pun mampu menghilangkan bau amis pada ikan. caranya cukup mudah kok,  kamu cukup membelah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu peras diatas ikan yang telah dibersihkan. Lalu tunggu beberapa saat agar perasaan jeruk nipis meresap. Bau amis pasti minggat.

2. Lemon
Lemon sama jeruk nipis ini memang ampuh menghilangkan bau amis,  caranya pun sama,  Kamu cukup beri perasaan lemon pada ikan. 

3. Cuka
Tak usah khawatir jika tak ada jeruk nipis dan lemon. Kalau dirumah adanya cairan cuka, kamu pun bisa memakainya, karena cairan cuka yang bersilat asam mampu menghilangkan bau Amis pada ikan.

4. Jahe
Jahe adalah rempah yang juga harus ada di rumah kamu,  karena manfaatnya yang banyak. Selain bisa dibuat minuman,  jahe pun bisa dijadikan bumbu yang mampu menghilangkan bau amis. Kamu cukup memarkan Jahe lalu campur dengan bumbu untuk ikan.  Aromanya yang khas akan mengubah amis jadi wangi, wanginya jahe dan masakan terasa lebih lezat.

5. Kunyit
Wah,  rempah yang satu ini sih gak perlu ditanya,  pasti selalu diikut sertakan jika memasak ikan. karena selain bisa menghilangkan bau amis kunyit juga bermanfaat buat kesehatan. Tapi saat membersihkannya hati-hati tangan ikut kuning. 😀

6. Daun Sereh
Daun sereh hampir selalu ada dalam tiap masakan. Karena daun sereh atau lemon grass ini memang memberikan wangi yang berbeda, membuat masakan pun terasa lebih sedap. Caranya kamu memarkan Daun sereh lalu Campurkan pada bumbu ikan yang telah siap.



Nah,  itulah 6 tips agar ikan tak bau amis. Anak-anak suka makan ikan,  emak tetap terjaga dari bau amis. Bye bye bau amis.

Selamat mencoba



#Day6
#SETIP
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah baru tau aku cuka.dan daun sereh bisa menghilangkan bau amis, terimakasih artikelnya mba

    BalasHapus