Jangan Anggap Remeh Tak Sarapan, Ini Dia 5 Manfaat Sarapan

  • Februari 22, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments



Assalamualaikum bloger

Siapa yang selalu sarapan sebelum memulai aktifitas? Tos,  kita sama dong. Sedari kecil saya  selalu membiasakan untuk sarapan terlebih dulu sebelum berangkat ke sekolah. Karena selain berhemat,  saya pun lebih bertenaga saat disekolah hehehe.  Begitupun dengan saat ini, saya membiasakan kebiasaan baik ini di rumah. Anak-anak dan suami  selalu saya siapkan sarapan,  baik itu yang saya masak sendiri atau beli.  Baik yang mudah dimasak sampai yang agak rumit, kalo yang rumit masaknya diskip aja,  karena butuh matang segera hehehe ( alasan,  sebenarnya emang belum pandai masak sih). Yah yang penting ada yang bisa dimakan sebelum pergi kesekolah. 

Bagi anak-anak, sarapan lebih dibutuhkan karena tidak hanya sebagai penunjuang kebutuhan  fisiknya tetapi juga mempengaruhi prestasi belajar.  Percaya atau tidak,  saya selalu juara dikelas, walaupun bukan peringkat ke satu di Sekolah Dasar,  tapi masih bisa masuk tiga besar.  Begitupun saat di SMP dan SMA, hehehe,  bukan sombong lho ya,  hanya berbagi yang saya rasakan dan alami.  Itulah mengapa saya pun membiasakan anak-anak agar tak meninggalkan sarapan. Walaupun jika bangun terlambat dan hanya masuk beberapa suap saja.  Lalu,  apa saja sih sebenarnya manfaat sarapan itu? yuk kita simak.

1. Sumber Energi 

Sarapan yang kita makan akan diolah lalu sebagian kalori disimpan sebagai kalori untuk cadangan kalori berupa glikogen. Glikogen alias timbunan gula darah ini merupakan sumber energi siap pakai,  yang disimpan dalam otot dan hati. Tidak sarapan berarti kebutuhan harian berupa vitamin dan mineral menjadi tidak tercukupi.  Sekali saja tidak sarapan,  konsumsi vitamin A,  E,  B6, riboflavin,  dan tiamin serta mineral kalsium,  fosfor, magnesium dan zat besi rata-rata kurang dari 2/3 kecukupannya perhari. Dan semua itu dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak.


2.  Lebih Fokus

Karena perut telah terisi, anak-anak akan mudah fokus dikelas,  begitupun dengan orang dewasa. Jika kamu dan anak-anak tidak sarapan maka daya pikir pun menurun.


3. Lebih Berprestasi 

Penelitian membuktikan bahwa sarapan tak hanya mengganjal perut tapi lebih dari itu untuk menunjang prestasi belajar. Makan pagi berpengaruh pada kecerdasan otak terutama daya ingat. 


4. Meningkatkan Mood
Jika pagi hari kamu sudah mudah kesal san marah-marah,  coba cek,  ku sudah sarapan atau belum. Karena perut lapar bisa meningkatkan emosi,  hehe mitos atau fakta?


5. Menurunkan Berat Badan Tubuh

Buat kamu yang sedang diet,  jangan tinggalkan sarapan. Karena makanan yang dikonsumsi di pagi hari atau setelah bangun tidur dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Itulah 5 manfaat sarapan yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini,  bagaimana?  Masih mau meninggalkan sarapan?  Sesibuk apapun kamu dipagi hari,  sarapanlah,  walau hanya beberapa suap/ sensok saja.


#Day8
#SETIP
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar