Jangan lewatkan 9 Kuliner Yang Mengugah selera Jika berkunjung ke Karawang


Karawang adalah kota yang banyak disinggahi oleh para pendatang dari berbagai daerah. Keberadaan pabrik- pabrik industri  adalah salah satu yang menyebabkan orang - orang mengadu nasib di kota ini. Meraka tentu saja membawa banyak dampak bagi perekonomian penduduk sekitar.

Menjamurnya bisnis kuliner adalah salah satu dampak dari banyaknya pendatang. Kini Dikarawang anda pun bisa menikmati menu menu dari berbagai daerah lainya. Soal rasa tentu tak kalah dengan yang ada didaerah aselinya. Bagi yang rindu makanan asal kota/ daerahnya pun bisa terobati disini.

Karawang yang merupakan tanah tatar sunda tentu tetap menyajikan sajian khasnya. Dan sampai saat ini pun keberadaan kuliner - kuliner khas sunda tak tersaingi keberadaanya. Para pelaku bisnis kuliner selalu dituntut kreatif dan inovatif pada setiap menunya
Berikut ini beberapa kuliner yang bisa anda nikmati di Karawang

1. Pepes Jambal walahar 


Source pict: http:// www.tripadvisor.com



Siapa yang tak kenal Pepes Jambal Walahar  yang selalu ramai pengunjung, terlebih lagi di hari minggu. Walahar adalah nama tempat atau lebih tepatnya bendungan yang diberi nama Walahar. Nah, biasanya kalau tempat wisata tidak jauh dari tempat kuliner kan?  Kuliner yang khas dan terkenal bayak pengunjungnya adalah Rumah makan pepes jambal H.Dirja.
biasanya para pengunjung rela antri untuk bisa mencicipinya. Pepes Jambal merupakan makanan khas yang ada di daerah Walahar, Kalari, Karawang Timur. Ada dua rumah makan di sana yang menyediakan menu utama pepes jambal yaitu Rumah Makan Pepes Jambal Haji Dirja dan Haji Emin. Kedua rumah makan pepes jambal tersebut tentu saja memiliki rahasia resep yang berbeda. Kamu bisa mencoba keduanya dan membandingkan mana yang lebih yahud rasanya. Kalo belum naik harga satu pepes jambal adalah Rp 7,000. Tidak hanya Pepes Jambal yang disediakan disana, bagi kamu  penikmat ayam, jangan khawatir, anda bisa menikmati pepes ayam disana, pepes ikan teri dan jamur pun ada. Disajikan dengan sambal dan lalapan tentu terasa nikmat, wow jadi laper πŸ˜€
Source pict: http://www.tripadvisor.com


2. Soto Gempol
Source pict: http:// www.kulinerkarawang.com


Dinamakan Soto Gempol karena memang lokasinya berada di Gempol.  Warung soto gempol milik Hj. Fatimah ini berlokasi di Jl. Rangga Gede No.45, Tanjungpura, Karawang Barat. Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Buka dari jam 10.00 hingga pukul 21.00.
Untuk harga Soto ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 30 ribu - 45 rb tergantung porsi. Di warung soto ini tersedia 4 pilihan isi di dalam soto yaitu ada soto ayam, daging, babat dan usus. Jika kita bingung mau yg mana isiannya bisa kok mix semuanya, kuah disini berwarna kuning kental ya. untuk rasanya jelas gurih dan lezat. Daun bawang dan taburan emping biasanya menemani sajian soto disini. Disertai pelengkap seperti sambal, kecap dan acar yang terbuat dari timun, wortel, dan bunga kol.

3. Soto Tangkar Mang Nean
Source pict: http://www.travelingyuk.com

Terletak di jalan Dewi Sartika, kamu tidak sulit menemukan warung soto tangkar mang Nean ini. Jika kamu berkunjung ke Karawang dengan kereta api, dengan naik becak atau  berjalan insyaAllah tidak nyasar. Jaraknya tidak jauh kurang lebih 100 meter dari stasiun Karawang. Warung sop tangkar Mang Nean berjajar dengan warung soto tangkar lainnya. Tapi jangan salah, soto tangkar mang nean ini yang paling banyak dikunjungi para pencinta kuliner tangkar. Sudah coba soto tangkar? Kalau belum, coba soto tangkar Mang Nean. Resep nya asli dan masih terjaga hingga saat ini sehingga rasa yang dimiliki soto tangkar mang nean ini sangat khas. Untuk mencicipi makanan khas daerah Karawang satu ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 16,000.

4. Gabus picung
Source pict: http://pesonakarawang.com

Yang tak kalah lezat adalah ikan Gabus Bumbu Pucung/ picung. Kamu bisa merasakan perpaduan menu Bekasi dan Karawang di Warung Mandiri yang terletak di Jl. Pangkal perjuangan No. 48, Tanjungpura. Telp (0267) 409545. Letaknya tak jauh dari bundaran baru by Pass, Tanjungmekar. Jalan ini merupakan salah satu akses menuju Rengasdengklok. Di kedai yang sudah berusia 25 tahun ini kita bisa mencicipi menu yang disebut Gabus Picung. Bagi para penggemar olahan ikan, tentu saja makanan ini dapat memacu selera makan kamu dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Karawang yang tak boleh dilewatkan. Menu makanan lezat ini dapat ditemui di sebuah warung yang berada di desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta, Karawang. Kamu dapat memilih ikan segar yang  baru di ambil atau yang sudah siap santap , untuk yang siap santap harga nya kira-kira Rp 12,000, sedangkan yang segar baru diambil bisa sampai Rp 35,000. Resep Ikan Gabus Bumbu Pucung ini sangat khas sehingga rasanya tetap terjada hingga sekarang.

5. Ayam Bakar Celup Mang Rozak (ABC)

Menu ayam bakar memang sudah biasa, tapi yang ini selalu dicari karena rasanya khas dan tentu saja lezat. Rumah makan Mang Rojak ini terletak di Perum Puri Teluk Jambe, Sirnabaya, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Rumah makan Mang Rojak buka dari jam 08.00 hingga pukul 00.00. Kini anda yang berada sekitar Karawang Timur, kamu bisa datang ke Warung Mang Rojak cabang CKM, jadi tak perlu jauh- jauh ya. Dari segi citarasa, ayam bakar celup many Rozak ini cukup unik, karena bukan dominan rasa kecap atau manis seperti ayam bakar atau ayam bakar madu pada umumnya. ABC cenderung manis tapi gurih asin juga. Rasa sambalnya juga unik, bukan sambal terasi dengan tingkat pedas yang tidak berlebihan. Ditambah lagi porsi nasinya banyak, dijamin kenyang. 😁

6. Mie kocok nampol 



Kedai Mie Kocok Nampol ini berada di pusat kota Karawang, tepat nya di Jln Papandayan No.2B Perumahan Karang Indah, By pass, Karawang Barat. Buka dari Senin  hingga sabtu mulai dari pukul 8.00 wib sampai dengan habis 😁
Untuk 1 porsi mie kocok nampol spesial, pengunjung tidak harus merogoh kocek terlalu dalam, karena hanya seharga Rp 22.000 ribu saja, dan itu sudah termasuk daging serta tulang lunak dalam porsi yang besar.



Untuk yang porsi sedang, kamu cukup memilih yang mie kocok Rp.14rb. Oh iya, ada juga karoket lho, hmm garing nya itu lho bikin nagih.

 Pelayanan yang ramah dan murah senyum pun akan kamu dapatkan disana.


7. Brownis singkong Cassa Brownie
Source pict: cassabrownie.com


Bagi anda penikmat brownis,  jangan lewatkan si hitam yang satu ini. Brownis yang berbahan dasar singkong ini memang punya cita rasa yang berbeda dari brownis lainya. Dan tentu aman dikonsumsi oleh anak-anak berkebutuhan khusus seperti autis, karena gluten free. Ada dua macam brownies singkong di CassaBrownie ini, yaitu brownies kukus dan brownies panggang. Brownies kukus dibagi menjadi beberapa varian yaitu choco melt, toping keju dan choco melt lapis duren, sementara untuk brownies panggang terdapat empat varian yatu choco chip, caramel almond, choco melt, dan ovomaltine. Untuk teksturnya agak keras dan padat karena tidak menggunakan pengembang. Untuk kisaran harga mulai dari Rp. 50 ribu tergantung dari varian rasa. Bagi anda yang berkunjung ke Karawang jangan lupa buah tangan yang satu ini.

8. Bontot 

Cemilan khas dari Dengklok ini memilik rasa yang tak kalah lezat. Nikmat di goreng dan dicocol saos. Panganan berbahan dasar tepung tapioka dan olahan dari kerupuk udang / ikan ini selalu diburu para penikmatnya. Biasanya bontot dijual perkilo. Namun ada yang menjual perbatang. Seperti di pabrik bontotnya langsung yaitu untuk sebatang bontot, anda cukup mengeluarkan uang sebesar  Rp 10 ribu, ada juga yang Rp 15 ribu, bahkan Rp 20 ribu perbatang. Harga yang berbeda itu tentu saja ditentukan dengan rasa ikan yang lebih berasa tentunya.


9. Sorabi hijau Dengklok 
Source pict:kue-serabi-hijau.business.site

Satu lagi kuliner dari Dengklok yang tak boleh dilewatkan. Terletlat di Jalan Perintis Kemerdekaan Dengklok Utara kamu tidak begitu sulit menemukannya, karena lokasinya searah dengan lokasi pasar dan Tugu Proklamasi.


Source pict: karawangpalace.com

Kenapa disebut sorabi hijau? Ya pasti warnanya hijau, hehehe..warna hijau yang merupakan campuran daun suji dan pandan ini membuat kudapan ini terkenal sampai keluar Karawang. Rahasia resep yang dipertahankan hingga sekarang membuat rasa serabi hijau dengklok tetap terjaga. Untuk mengunjungi lokasi tempat berjualan serabi hijau tidaklah sulit, alamat serabi hijau yang ada di rengas dengklok Karawang adalah dekat dengan terminal Pasar Dengklok. Dengan hanya mengeluarkan Rp 3,000/ biji  saja kamu sudah dapat menikmati enaknya serabi hijau khas Karawang.

Jika kamu berkunjung ke Karawang jangan lupa untuk mencicipi kulinernya,dan siapkan juga buah tangan untuk orang - orang terkasih dirumah.






#Day3
#SETIP
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

30 komentar

  1. Wah.. mbak saya gak bisa nahan iler mau keluar. Lihat menu2 nya...

    BalasHapus
  2. Wah, enak-enak mba πŸ˜‹πŸ˜

    BalasHapus
  3. Serabi dan gabus Pucung itu yang selalu dikejar yessss uenak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy bisa dihitung mkn gabus picung ba, sprtinya g lbh dr 3 kali hehe

      Hapus
  4. aku penasaran dengan rasa soto tangkarnya mbak.. mmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ba, dulu wkt kecil rumah dekat dgn yg jual tangkar, tp bukan yg ini

      Hapus
  5. Duh kalau makanan udah deh menyerah

    Pengen nyoba semua hehehehe

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Enak ba,klo digoreng tipis2, kaya kerupuk klo digoreng tebal kaya otak2

      Hapus
  7. Ayam bakar, sorabi, brownies singalong ahh aku mau semua mbak apalagi 3 itu. Udah favorit bangetttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ayam bakar celup sm cassabrownie itu ownernya sy kenal, srng ketemu. Jadi bisa sering2 nyicipin heheh

      Hapus
  8. Penasaran dengan bontot.. Kayak apa yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada rasa2 nya . Yg rasa udang sm ikan itu mirip bgt sm kerupuk rasanya

      Hapus
  9. Bicara Karawang..saya pernah praktek lapangan di sana saat jadi mahasiswa thn 1998. Kurleb 3 bulan di Kecamatan Karawang Barat. Dulu daerahnya masih alami banget ya.. Makanan juga makanan lokal yang segar dan buat kangen😊. Jadi rindu dengan Karawang😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, thn segitu sy msh SMP bun, hihi
      Thn itu mmg msh alami, mal aja blm ada,skrg mal sm hotel byk, hehe

      Hapus
  10. Belum pernah ke Karawang nih, noted lah ini wiskulnya, kali someday bisa mampir Karawang juga.
    Penasaran deh dengan mie kocok nya itu :)
    TFS ya Mbak :)

    BalasHapus
  11. Hua Karawang .. lama banget nggak kesana Uda hampir 5 tahun, aku pengen nih nyobain mie kocoknya kayaknya enak banget tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sdh lama y ba..5 thn ssh byk yg berubah dan baru dr karawang ba, hehe

      Hapus
  12. Pas baca 'Pepes Jambal' langsung nelen ludah asli, Mbak..kwkwk. Bikin ngiler ih kuliner Karawang, maulah diajakin ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk bun muy sini, skalian meet up kita 😁

      Hapus
  13. Semua Makanannya menggoda sekali mba, jadi laper jam segini hiks. Btw, ini recommended banget yaa, soalnya aku sendiri belum pernah cobain

    BalasHapus
  14. Perlu dicoba satu-satu nih. Hmpir semua blm pernah makan mba. Penasaran sm Gabus Picung, rasanya gmn ya?

    BalasHapus
  15. Saya naksir pengen icip soto2nya. Paling suka makanan berkuah ini tapi tahunya cm soto Lamongan dan Soto Madura. Maklum warga Jatim. Kapan yaa bisa ke Karawang?

    BalasHapus
  16. Menu-menu nya bikin ngiler mbak. So pasti nih klu Karawang saya kudu mencicipi makanan khasnya yang disebutkan di atas.

    BalasHapus