Malas Nulis? Ikut SETIP yuk!

  • Februari 04, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments





Pertama kali denger nama SETIP saya sih jadi ingat sama solatip, hehehe..jauh banget ya. Kalau kamu dengar SETIP jadi ingat apa? SETIP adalah Seminggu Tiga Postingan. Berawal dari One Day One Post yang di gawangi bun Muyassaroh selaku Founder dari EstriLook Community, SETIP ini adalah kegiatan lanjutan yang bisa kamu ikuti agar tetap konsisten dalam menulis. Jujur saja saya adalah yang termasuk harus dipaksakan untuk menulis, karena ada saja alasan untuk memulai nulis. Secara saya kan emak- emak beranak tiga yang tidak hanya sibuk dengan segudang kerjaan rumah , sok sibuk banget ya, pengen dikeplak, wkwkwkkw. Jadi setelah saya berhasil menaklukan tantangan ODOP bulan lalu( sombong, bukan sombong ngasih tahu aja, heheh) saya pun tak mau ketinggalan SETIP yang insyaAllah akan berlangsung selama 3 bulan. What 3 bulan? Yup. betul nih, konsistensi kita benar- benar diuji.  Masihkah istiqomah nulis? Jawabanya kamu sendiri yang tahu.

Sebenarnya nulis itu banyak manfaatnya lho, nah hal ini yang sering saya rasakan setelah nulis, entah itu nulis status, atau diary, apa sih, enggak lah hehehe. Apa saja sih manfaat menulis itu? Yuk kita simak.

1. Menulis Agar Tetap Waras
Nah, yang ini benar banget nih..hihihi buat kita (kita! gua kali, hehhehe) saat perasaan tak menetu, kerjaan rumah gak beres- beres, wah pokoknya dengan segudang aktifitas rumah yang bikin tenaga terkuras, emak lelah tak ada tempat bicara, bahkan bercerita.  Akhirnya anak- anak jadi sasaran, emosi meluap suami pun jadi tempat melampiaskan amarah. Ini salah, itu salah deh bahkan rumah pun bakal jadi kaya kapal pecah.  Wah jangan sampai begitu ya! Jadi, emak itu harus tetap waras kenapa? Saya sudah buktiin, eh ngalamin maksdunya hihihi..emak waras anak- anak bakal happy, suami terlayani, dan rumah dijamin rapih. Kibas poni( padahal gak punya poni). Saya pegang banget nih kata- kata Happy Mom, Happy Children Happy Home

2. Menulis Sebagai Pengigat Diri
Sering dengar ada yang bilang, ' tulisannya sok alim', 'sok baik', ' "sok nasehatin', Sok paling benar', dan sok sok lainnya jika kita menulis tentang nasehat, motivasi,  dan kata- kata bijak serta kebaikan lainnya? Padahal jika mau berpositif thinking, boleh jadi itu sebenarnya ya buat dirinya sendiri, bisa saja itu sebenarnya untuk memotivasinya, dan bisa jadi itu sebagai pengingat diri. Jadi saya pribadi saat menulis itu ketika saya memang benar- benar membutuhkan itu, yang bermanfaat buat saya sendiri dulu, next bermanfaat untuk orang lain itu sih bonus. Dan jika dikemudian hari saya butuh seseuatu yang bisa saya jadikan referensi, saya bisa membaca tulisan saya lainnya, tentu sebagai pengingat diri juga.

3. Berlatih Berkarya
Nah, yang ini setuju banget, kenapa? Karena dengan menulis kamu, pasti akan punya karya. Entah itu novel, cerpen, buku antologi, artikel dan lain sebagainya. Karya tersebut akan menjadi suatu kebangaan, bener gak? Siapa yang gak bangga punya karya? Dan yang paling membahagiakan adalah karya/ tulisan kita dibaca dan disukai banyak orang dan bermanfaat untuk orang- orang disekitar kita. Saat kita mempunyai suatu karya dan diminati oleh banyak orang tentu ini akan menaikan harkat dan martabat kita sebagai penulis. Selain itu kita dapat diakui sebagai penulis  yang mempunyai kualitas yang baik dimata orang lain. Nah, mau punya karya? Yuk menulis!

4. Menulis Agar Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik
Buat kamu yang sudah terbiasa menulis, akan memuliki kepercayaan yang tinggi, kreatifitas yang baik dan sebagainya. Tentu saja karena kamu sudah terbiasa untuk mengungkapkan suatu hal yang ada dalam diri kamu dan yang ada disekitar kamu. Kebanyakan seseorang yang sudah terbiasa menulis, akan mempunyai kepercayaan yang tinggi, kreatifitas yang baik dll. Hal ini tentu karena sudah terbiasa untuk dapat mengungkapkan suatu hal yang ada di dalam dirinya melalui sebuah tulisan. Dengan menulis kamu tentu juga melatih kreatifitas yang ada dalam dirimu, sehingga tulisan yang kamu punya menjadi menarik dan menarik untuk dibaca oleh orang banyak. Dari sini, diharapkan kita, menjadi pribadi yang lebih baik dengan menulis hal- hal baik dan tentunya wawasan kita pun bertambah luas.


Nah, bagaimana? Itulah empat manfaat menulis yang bisa saya tulis dari sekian banyak manfaat lainnya. Masih enggan dan malas untuk menulis? Yuk ah gabung SETIP bareng EstriLook, kamu bisa join Grup FB nya cukup klik ini ya
https://www.facebook.com/groups/234318230607581/?ref=br_tf&epa=SEARCH_BOX


#SETIP
#Day1
#EstriLookCommunity



You Might Also Like

0 komentar