Mengajar Pertama Kali ? Nih tips nya Agar Kesan Pertama Lebih Bermakna

  • September 12, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments




Bagi seorang dosen atau guru, yang lama atau baru, hari pertama mengajar biasanya mendatangkan aneka rasa. Ya tegang, antusias, atau harap-harap cemas. Bagaimanapun, kita akan “berkarier solo” di kelas, mengendalikan para mahasiswa atau murid. Tak ada teman satu geng, orang tua, pasangan, guru pendamping, atau mungkin fans, jika punya. 

Rasa nervous itu memang wajar, mungkin masih ada keraguan pada diri sendiri seperti cara mengajar yang sudah benar apa belum, apakah para mahasiswa faham apa yang kita sampaikan,  apakah tadi terlihat kaku selama mengajar, dan keraguan-keraguan lainnya.

Senin tanggal 16 September 2019 ini, adalah hari pertama saya mengajar di semester ganjil ini. Mengajar mahasiswa baru yang berbeda dengan sebelumnya, tentu akan berbeda.  Nah, Untuk meminimalisir rasa nervous, ada beberapa tips yang bisa dilakukan ya , yuk kita simak. 

1. Datang Lebih Awal
Pixabay

Sangat disayangkan kalau dihari pertama sudah datang terlambat. Bisa kamu bayangkan, kamu akan terus langsung menghadap kelas yang memang sudah siap, dan seketika itu, kamu bisa jadi umpan empuk bagi sorot mata para mahasiswa atau murid- murid.  Alangkah baiknya untuk datang lebih awal, kita bisa observasi ruangan terlebih dulu, mempersiapkan kegiatan belajar-mengajar,  atau mulai melihat-lihat mahasiswa saat mereka  mulai berdatangan. Tak berlaku lagi sang dosen datang belakangan setelah murid-muridnya, karena pada dasarnya para mahasiswa akan meniru dosen mereka dalam berperilaku. Jika dosennya saja datang telat, lalu bagaimana dengan mahasiswanya?

2. Kenakan Pakaian Yang Rapih
Pixabay

Cara kita berpakaian mencerminkan keperibadian kita. Adalah sangat baik jika kita mengenakan pakaian yang rapih, bersih saat kita akan mengajar. Kita yang mengenakanya pun tentu akan nyaman dan orang lain yang melihat pun pasti akan senang. Dan tentu saja kesan pertama bahwa kamu itu suka berpakaian rapi dan bersih akan melekat dibenak mereka. 

3. Pastikan Menguasai Materi yang Akkan Diajarkan 
Pixabay


Di kampus UBSI, dosen tidak perlu membuat materi sendiri karena semua sudah dipersiapkan oleh pihak UBSI, materi ajar, silabus dan program semester pun sudah diberikan dua pekan sebelum jadwal mengajar di keluar. Jadi dosen hanya tinggal mengajar saja, dan pastinya harus sudah menguasai materi sebelum mengajar. Jangan sampai kamu terlihat tidak menguasai materi, yang tentu saja akan berakibat pada kekecewaan/ ketidak percayaan para mahasiswa pada dosennya. 

4. Pastikan Tidak Bau Mulut dan Bau Ketiak

Berinteraksi secara langsung dengan para mahsiswa adalah hal yang tak bisa dihindari. Mereka akan bertanya jika ada yang tidak mereka fahami, atau hanya sekedar bertanya hal hal sepele. Kamu pun akan bertanya sedikit tentang mereka untuk sekedar perkenalan.  Nah bisa dibayangkan jika tubuh kamu bau dan bau ketiak? mungkin kamu sendiri saja akan malu karenanya, dan sudah pasti para mahasiswa akan menjauhi  dan bisa jadi bahan omongan mereka


5. Selalu Tersenyum
Pixabay

Menebar senyum pada para mahasiswa tentu sangat dianjurkan, meraka pun akan menilai bahwa anda adalah dosen yang ramah dan murah senyum. Selalu senyum pun akan membuat mereka nyaman dengan kamu.

6. Mulai Dari Perkenalan Diri

Hari pertama masuk tentu akan  banyak yang belum mengenal kamu, walaupun mungkin ada beberapa yang telah mengenal dari berbagai informasi yang mereka dapatkan. Memperkenakan diri jangan sampai terlupakan. Karena Pepatah mengatakan Tak kenal maka Tak sayang, jadi berkenalan lah agar bounding mulai terbentuk.

7. Pastikan Kamu Sudah Makan
Pixabay

Jika kamu akan mengajar sampai, baik itu di pagi hari atau di malam hari, pastikan kamu sudah sarapan atau makan terlebih dulu. Dengan sarapan kamu akan konsentrasi  dan tidak gelisah karena lapar. 

8. Membocorkan skill, prestasi ataupun pengalaman

Tidak bermaksud untuk menyombongkan diri, para mahasiswa patut tahu kita itu lulusan perguruan tinggi mana dan jurusan apa. Karena suatu penghargaan atau kemampuan tertentu membuat kredibilatas kita teruji. Selain itu kita pun bisa berbagai pengalaman-pengalaman lain seperti pernah juara apa, pernah mengajar dimana saja, atau pernah berprestasi dibidang apa. Tak wajib,  akan tetapi ini akan menjadi kesan tersendiri bagi mereka dan mereka akan 'lega' serta percaya diri bahwa mereka bersama orang yang ahli dibidangnya. 

Nah,  itu sedikit tips yang bisa dilakukan saat pertama bertemu dengan para mahasiswa di kelas. Semoga hari mu menyenangkan.
Selamat mencoba!





#ODOP 
#Day9
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar