Naik Mobil Pribadi, 7 Hal Ini Harus Dilakukan Sebelum Berpergian Jarak Jauh

  • September 12, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments


Pixabay

Kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara adalah hal yang sangat penting ketika kita bepergian terlebih lagi dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Oleh karena itu setiap hal harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum hari H tiba. Mulai dari kondisi fisik yang harus prima, barang bawaan, serta yang tidak kalah penting adalah alat transportasti atau kendaraan yang kita gunakan. 

Jika kita berkendara dengan kendaraan pribadi, maka sangatlah penting untuk memeriksa bagian- bagian mobil yang memang sangat mempengaruhi mesin kendaraan. Teringat perjalanan kami le Jogja Sabtu lalu, walaupun semua sudah dipersiapkan ternyata ada hal yang terlewat yang tidak kami persiapkan lebih awal. Akhirnya dalam perjalanan, hal yang tidak diinginkan pun terjadi.

Ya, ban pecah saat kecepatan 120 KM/Jam. Tentu saja kami kaget luarbiasa, karena sebelumnya suami yang juga mengendarai mobil tersebut baru saja mengisi ban dengan nitrogen di rest area. Akan tetapi karena tekanannya dilebihkan, maka terjadilah pecah ban. Tapi alhamdulillah, ban cadangan pun jadi solusi dan yang tak kalah penting adalah kami semua selamat hingga tujuan. allahu akbar, Allah Maha Baik.

Nah itu sepenggal cerita karena persiapan kami kurang maksimal, untuk itu kedepannya tidak boleh lagi hal itu terlupa atau terlewatkan. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan? Enggak pake lama, yuk kita intip

1. Ban
Pixabay

Cek kondisi ban, tekanan anginnya, apakah ada benda tajam, apakah bannya gundul dan sebagainya. 

2. Rem
Rem merupakan hal yang vital selama berkendara. Oleh karena itu pemeriksaan sangat dibutuhkan. Periksa level minyak rem di reservoir. Jika kurang dari batas minimal, maka perlu dicurigai apakah bocor, lalu Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

3. Oli Mesin, Transmisi dan Gardan
Pixabay

Ketiganya merupakan komponen yang tidak boleh diabaikan. Karena bisa mempengaruhi gesekan antar komponen. Pastikan oli mesin cukup. 

4. Air Radiator
Pastikan air radiator penuh, karena air radiator merupakan hal yang vital terhadap sistem pendinginan mesin. 

5. Aki (Accu)
Pixabay

Periksa kutub aki dan bersihkan. Air aki tidak boleh kering, karena akan mengganggu komponen lainnya. 

6. Lampu
Pixabay

Cek semua lampu dan pastikan semua menyala.

7. AC
AC perlu diperiksa agar perjalanan jauh kamu tetap adem. Selain itu AC juga berfungsi sebagai penyaring udara kotor.

Bila persiapan diatas masih merasa ragu, maka bawalah mobil ke bengkel sebelum kamu melakukan perjalanan jauh. Selain persiapan diatas kamu pun perlu mempersiapkan surat- surat kendaraan, dan P3K. Jika suami tak lupa membawa tong sampah agar anak-anak tidak membuang sampah keluar jendela, hehe. 

Semoga Perjalanan kamu menyenangkan dan selamat sampai tujuan


#ODOP
#Day8
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar