Inilah Perayaan Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H Warga Gading Elok 1 Karawang

  • September 02, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments


Source pict: IG @quadransenja



Tahun baru Islam biasanya selalu sepi dari perayaan dan suka cita. Namun walaupun ini bukan kali pertama, warga Gading Elok 1 Karawang menyambutnya dengan berbagai kegiatan. Bulan  Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah atau dalam tahun Islam. Bulan Muharram pun termasuk bulan yang suci sebagaimana hadits Rasulullahu Shalallahu ` Alaihi Wa Sallam
Dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.” (HR. Al Bukhari & Muslim)

Tak hanya itu, Allah Shubhanahu Wa Ta` ala pun berfirman,
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..” (QS. at Taubah: 36)

Kita sebagai umat Islam, sudah sewajarnya menyambutnya dengan suka cita dan lebih meriah dibandingkan dengan tahun baru lainnya. Karena semua doa dan harapan semoga lebih baik lagi dibanding dengan tahun- tahun sebelumnya. 

Sepertihalnya Jakarta yang sangat meriah menyambut tahun baru Hijriyah atau Muharram dengan Jakarta Muharram Festival, Perayaan 1 Muharram warga Gading Elok 1 pun tak kalah meriahnya. Semua warga Rt. O4 RW 29 pun ikut andil dalam meramaikan. Ibu- ibu majlis Taklim Mesjid Al-Jamal pun menjadi bagian dari penyelenggara kegiatan. Berikut rangkaian acara atau kegiatanya:

1. Taklim Akbar 

Acara yang di selenggarakan pada hari Sabtu 31 Agustus 2019 ini bertepatan dengan taklim rutin mesjid Al-jamal. Tapi kali ini taklim rutin ini menjadi taklim akbar dengan mengundang ibu- ibu dari blok- blok lainnya yang juga masih sekitaran mesjid Al- Jamal  juga mengundang anak- anak yatim piatu. Acara ini dimulai puluk 16.00 WIB dengan penceramag ustadzah Elahayati. Materi yang disampaikan cukup menarik yaitu dengan tema Hijrah.

2. Santunan Anak Yatim

Acara inti dari perayaan ini adalah santunan kepada anak- anak yatim piatu. Mereka didatangkan dari yayasan Nahdlatul Islahiyah Johar- Karawang dan warga sekitar lingkungan Gading Elok 1 Karawang. Antusiasme mereka begitu tinggi, rasa bahagia dan haru pun terlihat diwajah mereka. Sekitar 70 anak yatim dan piatu  mendapatkan bingkisan berupa buku, tempat minum, madu dari HNI HPAI dan juga sejumlah uang. Walaupun pemberiannya tidak seberapa, semoga bermanfaat bagi mereka.

3. Pawai Obor

Pawai obor adalah merupakan acara puncak dari Gebyar Muharram ini. Tiap anak yang berusia lebih dari 7 tahun akan mendapatkan obor dan anak usia dibawah 5 tahun diberikan Glow Stick. Peserta pawai obor membludak dari perkiraan. Obor yang disiapkan pantia 500 buah pun kurang. Tapi hal itu tidak menyurutkan anak- anak untuk tetap mengikuti pawai obor. 

4. Nobar Film Nabi

Setelah anak-anak melakukan pawai obor, mereka pun akan disajikan dengan tontonan bergizi yaitu film nabi- nabi. Mulai dari Nabi Sulaiman hingga Nabi Yunus Alaihi Sallam. Disela- sela nonton mereka di beri pertanyaan seputar film lalu mereka yang berhasil menjawab akan diberi  door prize sebagai hadiahnya. Tentu saja hal itu menambah seru acara nobar ini.  Panitia menyiapkan 19 doorprize yang pastinya membuat anak- anak bersemangat menjawab pertanyaan dari MC.

Semoga Tahun depan acara seperti ini bisa lebih meriah lagi, semua anak-anak yatim tidak hanya disantuni di bulan Muharram saja dan apa yang di dapatkan bermanfaat. 

Itulah rangkaian acara dan kegiatan Gebyar Muharram warga Gading Elok 1 Bagaimana dengan acara di lungkunganmu?


#Day1
#ODOP
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar