Hilangkan Noda Hitam pada Telekung Dengan Bahan-bahan Alami




Mukena atau telekung adalah salah satu perlengkapan untuk salat yang digunakan oleh wanita muslimah. Penggunaanya lebih sering dibandingkan pakaian, khimar atau rok yang kita pakai. Mukena digunakan 5 kali untuk salat, sesuai jumlah waktu salat yang wajib dikerjakan oleh umat Islam tentunya. Jika selama satu pekan digunakan dan baru menggantinya, sebanyak 35 kalilah mukena digunakan. Wah wah, kebayang baunya seperti apa?
Seringnya, mukena dipakai oleh kebanyakan wanita muslimah setelah berwudhu,  padahal saat itu kondisi wajah  masih basah. Akhirnya mukena jadi sedikit basah atau jadi lembab akibat terkena air(bekas wudhu) di wajah kita. Terlebih lagi, setelah menggunakannya kamu menggantungnya. Nah disitulah awal mula bau apek dan yang gak paling kita inginkan adalah mukena jadi bernoda, bintik hitam kecil gitu. Ihhh gimana gitu ngeliatnya, heeheh. Soalnya saya pernah mengalaminya ketika saya berkunjung ke rumah saudara, dan meminjam mukena untuk shalat.

Selain sering mengganti mukena agar tak mudah bau, berjamur atau bernoda hitam, sebaiknya menggantinya setiap 3 hari sekali. Kamu pun bisa menggunakan cara ini jika memang dirumah ada mukena yang telah bernoda hitam. Nah apa saja kah itu? Yuk kita simak

1. Mencuci Mukena dengan Cuka


Bahan alami yang satu ini bisa kamu   gunakan untuk membunuh jamur yang menyebabkan noda hitam pada mukena, bahan ini juga aman digunakan pada kain.
Cara pakainya sangat mudah kok, kamu rendam mukena pada cairan cuka dan air selama 1 jam. Setelah itu, bilaslah mukena dengan deterjen dan air seperti mencuci pada biasanya.

2. Menggunakan Baking Soda

Baking juga bisa dimanfaatkan lho. Caranya kamu cukup campurkan baking soda dengan air, lalu oleskan pada bagian mukena yang ada bintik hitamnya. Ulangi terus hingga noda hitam hilang.

3. Menggunakan Garam dan Lemon

Nah, garam dan lemon bisa juga  kamu gunakan. Caranya campurkan garam dan lemon dengan air hangat, kemudian rendam kurang lebih 30 menit bagian mukena yang terdapat bintik hitam  dengan menggunakan cairan tersebut.



4.Menggunakan Pemutih


Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan mencuci mukena menggunakan pemutih, tapi buat yang mukenannya putih saja ya😁 jangan coba pada mukena yang berwarna kalau tidak mau menjadi luntur.

Nah, itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda pada mukena.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😊

#Day 13
#SETIP
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

19 komentar

  1. Garam sama lemon sepertinya cukup ampuh, teman saya juga pernah mencoba meski ya proses nggak langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ulangi terus hingga noda benar2 hilang/ sedikit berkurang😊

      Hapus
  2. Ternyata bahan alami yang bisa dipakai mudah didapat ya mba, kayaknya saya kudu stok dirumah.

    BalasHapus
  3. Aku udah nyoba pakai bleach, tapi masih tetap ada. Kayaknya wajib d coba pakai cuka deh mba. Tengkyu for sharing yaaa :)

    BalasHapus
  4. Soda sama cuka udah paling bener mbak. Pake pemutih ga mantul nih. Padahal tadi diawal mau tanya telekung itu apa. Baru tau kalo itu mukena hehe

    BalasHapus
  5. Wkt sy kecil tinggal di Sumatra, kata telekung banyak disebut nih. Jadi teringat deh ��

    BalasHapus
  6. Telengkung itu mukena ya mba. Aku kira apa. Hehe... Mukena kalau kena air wudu selain menimbulkan bintik2 hitam, pasti bau. Kalau berwarna si tidak begitu kelihatan tapi yang putih harus cepat dicuci.

    BalasHapus
  7. oh..nama lain dari mukena itu telekung ya mbak. iya mbak, mukena aku kalo kelamaan dipakai suka muncul bintik2 hitam di bagian leher dan dahi. siap mbak, makasih sharingnya ya

    BalasHapus
  8. Noted, mba. Ingin langsung tak cobain ini ke mukena putih di rumah. Pas banget ini mba sama kebutuhanku sama ini Infonya. Thanks ya mbaa

    BalasHapus
  9. Tips ini sangat bermanfaat mbak... Apalagi menjelang ramadan, inginnya mukena pd kinclong buat beribadah di bulan suci.

    BalasHapus
  10. Asiap mbak segera dipraktekkan mengingat Ramadan sebentar lagi. Pinginnya jilbab tuh bersih dan kinclong plus wangi biar ibadah Juga khusyuuu

    BalasHapus
  11. Wah, boleh dicoba nih. Walaupun selama ini saya pakai jilbab tipis dulu sebelum pakai mukena, jadi mukenanya tidak lembab. Seringnya jumpa mukena berbintik2 hitam itu pas salat di jalan eh maksudnya di masjid tapi Pas ga bawa mukena sendiri. Nice info :)

    BalasHapus
  12. Saya sekarang nggak berani pakai pemutih. Takut warnanya jadi jelek. Mentok ya di V*nish.

    BalasHapus
  13. Biasany saya pakai nomor 4 mb tapi itu pun enggak putih2 amat
    Belom nyoba sih yg no 1 sampai 3 hehe

    BalasHapus
  14. Wah makasih tipsnya mba, noda hitam pada mukenah itu memang susah sekali dihilangkan, aku pernah nyoba pakai pemutih sih lumayan juga hilang tapi untuk mukena berwarna gak berani. Kayaknya aku mesti coba cara lain yang pake cuka atau baking soda

    BalasHapus
  15. Ternyata, mudah ya menghilangkan noda hitam pada mukena. Kebetulan, semua bahan-bahan tersebut ada di rumah...

    BalasHapus
  16. aku juga pernah pake baking soda buat ngilangin noda yang cukup membandel mb, dan lumayan ampuh juga ternyata, ngebantu banget

    BalasHapus
  17. Baking soda juga bisa buat ngilangin noda pada bahan kain, ternyata ya?
    Makasih ubtuk tambahan ilmunya mbak.
    Sangat membantu.

    BalasHapus
  18. Cuka yg digunakan cuka biasa ya mbak? Cuka apel gimana mbak?

    BalasHapus