Sering Garuk- garuk Kepala Karena Kutu ? Pakai 4 Cara Ini Agar Kutu Rambut Minggat


Source pict: http://www.liputan6.com

Pernah punya kutu di kepala?ihh saya pernah waktu zaman kecil dulu, hehehe (tutup muka). Dan waktu anak saya usia 3 tahunan pun pernah bersarang dirambutnya. Wah, ternyata kutu rambut ini memang lebih sering menyerang anak- anak kecil dan katanya anak- anak pondok (bener gak? hehe saya belum pernah mondok soalnya). Mengutip wikipedia Kutu kepala yang memiliki nama ilmiah  "Pediculus humanus capitis" adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Kehadiran kutu dikepala tentunya mengganggu, karena akan menyebabkan gatal dikepala. Biasanya  rasa gatal akibat kutu rambut baru benar-benar terasa setelah kutu rambut berada di kepala selama 2- 6 minggu. Gatal yang dialami merupakan respons dari gigitan kutu dan reaksi alergi terhadap air liur kutu rambut. Coba bayangkan, saat kamu ngobrol dengan teman lalu kamu garuk- garuk kepala akibat kutu yang bikin gatal? Hehehe bisa jadi teman ngobrol mu ilfell alias 'ilang feeling' . Penyebab kutu bisa dari kebersihan, baik itu di tempat tidur, atau rambut yang jarang keramas. Penularannyapun bisa dari benda/ alat-alat rambut yang digunakan berbarengan dengan sipenderita misalnya sisir, topi, dan lainnya, atau bersentuhan langsung dengan penderitanya.
Untuk itu kutu dikepala harus dibersihkan (basmi), karena keberadaanya cukup mengganggu.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya dengan cara alami? Yuk kita simak!.

1. Menggunakan Sisir Serit
Source pict: http://www.tokopedia.com

Sisir serit kini ada yang magnet dan elektrik yang terbuat dari 'stainless steel' , tapi buat kamu yang lebih memilih sisir serit dari kayu masih tetap bisa menggunakannya untuk membersihkan kutu sampai dengan telor nya. Caranya, sebelum menyisir rambut basahi atau beri minyak kelapa agar rambut mudah disisir. Kutu dan telurnya akan tersangkut di gigi serit yang cukup rapat. Lakukan sesering mungkin terlebih saat merasa gatal.

Source pict: tokopedia


2. Menggunakan Minyak Kayu Putih


Source pict: http://www.Ksehatan.com

Biasanya minyak kayu putih untuk bagain perut agar terhindar dari masuk angin, agar tetap hangat dan rasa mual. Tapi kali ini, minyak kayu putih bisa digunakan untuk mengusir kutu kepala. Caranya campurkan minyak kayu putih dengan jeruk nipis, oleskan pada rambut, diamkan beberapa menit, tutup kepala dengan handuk/ topi kepala. Lalu keramas dengan air hangat, sisir dengan serit. Lakukan sesering mungkin hingga kutu rambut minggat.

3. Air Perasan Lemon

Lemon memang banyak manfaatnya. Selain untuk tubuh ternyata lemon bisa mengusir kutu. Wah, agak sedikit sayang ya jika pakai lemon, secara harga lemon kan cukup mahal, heheheh. Tapi tidak perlu kompromi untuk yang satu ini, yang penting rambut sehat bebas kutu. Caranya, lemon yang telah diiris tipis peras diatas permukaan rambut hingga kulit kepala, tutup kepala dengan topi kepala/ handuk. Tunggu beberapa menit (30- 40 menit) lalu cuci rambut / keramas dengan air hangat dan sisir dengan serit.

4. Miyak Kelapa
Source pict: http://helosehat.com

Zaman dulu waktu masih minim minyak rambut, minyak kelapalah yang digunakan untuk merapikan rambut. Nah, selain untuk merapikan dan menyuburkan rambut, minyak kelapa pun bisa menghilangkan kutu. Caranya oleskan minyak kelapa pada rambut, lalu sisir dengan serit.

Jika ke empat cara alami tersebut sudah dilakukan namun kutu masih tetap tak mau minggat, cobalah menggunakan sampo kutu atau obat dokter. Rambut sehat idaman kita semua, yuk rawat rambut dari kutu serta masalah rambut lainnya.


#DAY14
#SETIP
#EstriLookCommunity


You Might Also Like

0 komentar