Si Buruk Rupa Yang Berkhasiat, Inilah 4 Manfaatnya



Bagi sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing dengan buah ini. Buah yang bagi kebanyakan orang tidak disukai karena baunya. Yup, dialah mengkudu atau cangkudu kalau dalam bahasa Sunda. Mengkudu memiliki nama ilmiah "Morinda citrifolia", Mengutip Wikipedia, tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 M. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih kekuningan dengan bintik-bintik hitam.
Buah ini memang tak semanis buah semangka, melon, pisang, apalagi buah naga. Tapi walaupun buah mengkudu pahit dan bau, ia memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk sebagain orang yang ingin merasakan khasiatnya, sudah tidak perduli lagi dengan baunya. Banyak cara untuk mengkonsumsi buah ini, kamu bisa memakannya langsung setelah dipotong-potong terlebih dahulu, atau di jadikan jus, atau bisa juga dijadikan rujak sebagai buah  pendamping buah rujakan lainnya. Lalu sebenarnya apa saja sih kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu itu?

1. Zat nutris
Mengkudu atau cangkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Buah dan daunya ini memiliki zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, viamin, dan mineral penting.
√ Selenium
Mengkudu memiliki selenium yang merupakan antioksidan yang hebat. Serta memilik kandungan berbagai jenis senyawa seperti, xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, magnesium, dan lain- lain
√Terpenoid
Terperboid adalah Zat yang membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

2. Zat anti bakteri
Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
√Scolopetin
Senyawa yang sangat efektif sebagai unsur anti peradangan dan anti-alergi.

3. Zat anti kanker
 Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal adalah Xeronine dan Proxeronine
Salah satu alkaloid penting yang terdapat di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Selain itu mengkudu atau noni ini memiliki beberapa manfaat yaitu:

1. Menurunkan Hipertensi
2. Meredakan Osteoarthritis
3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
4. Mencegah Kanker

Maa syaAllah, mengkudu yang terlihat seperti buaj yang tak menarik dilihat, tak enak dikonsumsi dan beraroma bau, ternyata banyak manfaatnya. Didekat rumah (tetangga) ada pohonnya nih, siap eksekusi😁


#Setip
#Day20
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar