Kelapa, Tak Hanya Dijadikan Minuman, tapi Banyak Manfaat lainnya Dari Semua Bagiannya




Hai bloger, pada kesempatan kali ini saya mau mereview buah yang dimakan hari ini, eh tepatnya siang tadi. Coba tebak, buah apa? Yup, bener banget, it' s a coconut atau Kelapa dalam bahasa Indonesia  dan memiliki nama ilmiah Cocos Nucifera. Siang tadi pas jemput si teteh disekolah lihat yang segar- segar di pinggiran jalan arah pulang. Melipirlah atau mampir sebentar, agar dahaga ini bisa diobati, hehehe. Kelapa yang disajikan dengan es atau es kelapa yang dicampur sedikit gula (gula merah atau gula putih) emang nikmat, walaupun bagi sebagian orang air kelapa asli tanpa campuran lebih nikmat. Rasa air kelapa yang manis dan ada sedikit rasa asam itu emang nyegerin apalagi dinikmatinya dengan cemilan lainnya, eeehhh.

Kelapa adalah buah yang semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Coba sebutkan bagian- bagian dari buah ini? Nah, sambil menjawab, kita simak dulu ya.

1. Daun

Kamu akan banyak menemukan kreasi dari daun kelapa ini biasanya di akhir bulan ramadhan atau menjelang Idul Fitri, tahu kan apa? Si kupat yang jadi temannya opor. Rasanya tak lengkap kalau opor di hari raya tidak ditemani kupat.  Selain itu bagian dari daun kelapa pun bisa dijadikan sapu lidi. Ah, jadi ingat waktu kecil dulu, sering melihat proses pembuatannya. Tidak sulit sih, tapi waktu itu jadi "amaze" aja ngelihatnya, hehehe. Dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari daun kelapa ini, selain dua diatas.

2. Batang kelapa

 Masih teringat waktu kecil dulu, saat main kerumah oranglain eh, menemukan batang kelapa ini jadi perabotan rumahnya, salah satunya kursi dan meja. Mungkin saat ini sudah tidak digunakan lagi y, banyak orang yang lebih memilih menggunakan kursi dari kayu, rotan dan plastik.

3. Buah kelapa

Buah kelapa ini terdiri dari bagian/ kulit luar, sabut, tempurung, air dan daging buahnya. Manfaat dari bagian buah ini juga banyak. Sabut yang pada jaman dulu, sebelum ada "sponge"/ busa, digunakan untuk mencuci piring.  Saya masih merasakan masa itu 😁😁 kelihatan tuanya ya 😀😀. Lalu tempurung, wah ini sih, jagoannya para tukang sate. Mereka menggunakannya untuk membakar sate, arang yang berasal dari tempurung atau aramg batok, katanya mengeluarkan aroma khas, tidak seperti arang yang dari kayu. Selain itu, tempurung kelapa banyak diamnfaatkan untuk berbagai kerajinan tangan/ perabot rumah tangga. Sepeti serok, gayung, dan juga dijadikan tas, bros, kancing, dan yang tak terlupakan adalah bermain denganya, yaitu dijadikan seperti alat untuk berjalan( apa ya nanya lupa, sejenis egrang tapi ini pakai batok/ tempurung 😀😁😅)


Bagian dari buah kelapa yang lain adalah air kelapa. Hayu ngaku siapa yang pas hamil rutin konsumsi air kelapa? Pas sakit minum air kelapa? atau suka 'nata de coco'? Kalau saya suka minum pas lagi mau saja, kalau lagi gak mau ya gak minum, hihi.
Manfaat lain dari air kelapa adalah untuk kesehatan seperti dapat melawan radikal bebas, mengatasi sejumlah penyakit ( diabetes, tekanan darah tinggi) dan gangguan ginjal. Kandungan gizinya pun tak kalah banyak lho.

Selanjutnya ada daging kelapanya. Terdapat di bagian dalam dan berwana putih. Jika kelapa masih muda, dagingnya agak sedikit lunak bahkan jika benar- benar masih muda malah makin lunak alias encer gitu. Daging kelapa yang tua sering dijadikan kelapa parut, santan, kopra, minyak. Daging kelapa muda bisa dijadikan dalam minuman atau manisan.

4. Akar Kelapa


Kalau dengar nama akar kelapa, ingatnya sama panganan/ cemilan yang didaerah saya selalu ada pada saat nau lebaran. Hihi padahal yang ini bukan ya, ini benaran akar kelapa lho, bagian yang paling krucial lho, kalaalu akar tidak kokoh makan pohon kelapa ini mudah roboh diterjang angin. Nah, akar kelapa ini
dapat bermanfaat untuk kehidupan. Yaitu dapat dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. Bisa juga dimanfaatkan untuk obat- obatan (dalam ukuran atau takaran tertentu).

Nah, buat kamu yang punya pohon kelapa, bisa banget tuh memanfaatkan semua bagiannya.


#SETIP
#Day19
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar