Si Klutuk Yang Berkhasiat, inilah 5 Manfaatnya


Kamu pasti sudah tahu buah ini, buah yang banyak biji didalamnya. Ya, dia adalah jambu biji atau orang Jawa Barat menyebutnya jambu klutuk. Buah dengan nama ilmiah psidium guajava  atau dalam Bahasa Imggris disebut Guava memiliki daging dalam yang berwarna merah dan putih, seperti yang saya makan pagi ini. Jambu biji ini didapatkan dari pohonnya langsung di rumah orang tua( mertua)saya yang sedang berbuah banyak sekali. Biasanya jika waktunya berbuah bapak ( panggilan untuk ayah mertua) menutupnya dengan plastik berwarna bening dan diberi lubang- lubang kecil agar si klutuk bisa bernafas. Karena jika tidak ditutupi seperti itu, jangan harap akan mendapatkan buah klutuk hingga besar, yang ada malah banyak yang busuk dan dimakan lalai atau kelelawar.


Jambu biji ini bentuknya besar dan sering disebut sebagai jambu biji bangkok, karena ukurannya memang lebih besar dari jambu biji umumnya. Bahkan dulu pernah ada yang sebesar kepala anak saya yang paling kecil/ bungsu, wah kebayangkan gedenya, hehehe. Tumbuh subuh di halaman depan rumah dan pohonnya yang tidak begitu rindang bisa berbuah banyak, belum pernah menghitung jumlah nya sih, tapi bisa terlihat jelas jika berada disana, banyak mungkin bisa lebih dari 50, mungkin lho ya, karena belum pernah menghitung.



Jambu biji yang berdanging putih ini seringnya di jadikan rujak, sebagai pendamping buah mangga, jambu air dan lainnya. Hmmm seger jadi pengen ngerujak, hehehe. Tapi jika benar- benar sudah matang biasanya kami menyantapnya bak cemilan saja. Kriuk renyah saat digigit dan rasanya yang manis bikin ketagihan, apalagi saat lapar, heheh. Seringnya bijinya tidak dimakan / dibuang, kami lebih suka dagingnya dibanding bijinya. Untuk jambu biji daging putih ini belum pernah kami coba dijadikan jus, mungkin nanti akan kami coba, ya siang ini spertinya agar tahu seperti apa rasa jus jambu biji putih.
Nah, jambu biji ini juga ternyata banyak manfaatnya lho, selain populer sebagai pencegah atau bisa menyembuhkan penyakit demam berdarah ( membantu menaikan trombosit) ternyata banyak lagi,  apa saja sih? Yuk kita simak.

1. Memiliki Kandungan Vitamin C, A, Likopen, Zat besi, serat, Kalium 

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Buat kamu penderita diabetes atau kadar gula darah tinggi ada kabar baik nih, ternyata jambu biji ini daparlt membantu ku mengontrol kadar gula darag. Dilansir dari sebuah penelitian menunjukan bahwa minum teh daun jambu biji setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah selama 2 jam. Wah, luarbiasa ya. Si klutuk ini tak hanya buahnya yang bekhasiat, tapi juga daunnya. MaasyaAllah Allahu akbar, selama ini yang saya tahu hanya untuk menyembuhkab diare/ mencret saja.

3. Meningkatan Sistem Kekebalan Tubuh
Jambu biji ternyata salah satu buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi lho, bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji ini mengalahkab kandungan dalam jeruk. Nah vitamin C ini berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Kandungannya yang rendah dalam tubuh membuat sesorang beresiko untuk terkena infeksi dan penyakit. Rutin mengkonsumsi jambu biji salah datu cara agar sistem kekebalan tubuh meningkat, yuk kita rutin mengkonsumsinya.

4. Melancarkan Pencernaan
Seperti yang dituliskan dipoin 1 bahwa jambu biji ini memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan kamu, Dears. Satu buah jambu biji ini bisa memgandung 12% dari rekomendasi asupan serat perhari kamu..wow,sudah terpenuhi ya ternyata hanya dengan mengkonsumsi 1 buah saja. Yuk ah, rutin konsumsi agar terhindar dari sembelit, mengurangi durasi diare dan menjaga kesehatan usus kita.

5. Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit
Wah, ini sih buruan kaum hawa banget, secara para wanita suka dengan kulit yang halus, bersih dan juga sehat tentunya. Seringnya saya pakai handbody lotion agar kulit tetap cerah, tapi kalau tahu jambu biji juga bermanfaat untuk kulit, bakal sering- sering nih makan buah ini.
Kandungan vitamin K dalam buah klutuk ini mampu merawat masalah- masalah kulit, seperti iritasi jerawat pada kulit lho. Dan yang tak kalah pentingnya dari kandungan buah klutuk ini adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dan paparan pulusi yang menyerang kulit kamu saat beraktifitas diluar. Selain itu anti oksidan juga akan memperlambat proses penuaan dini.

Wah, wah..begitu banyak manfaat jambu biji ini. Buah yang mudah didapat karena ada disekitar kita, bahkan di jalan- jalan menuju sekolah anak saya ini banyak yang berjualan. Dipasar apalagi, kamu tak hanya akan mendaptkan jambu biji daging putih tapi juga daging merah. Harganya yang cukup terjangkau selalu jadi pilihan buah untuk dikonsumsi di rumah.
Enaknya  kamu yang punya pohonnya,  bisa menikmatinya saat berbuah tinggal petik saat sudah matang,  hehe jadi ngebayangin pas dirumah mertua saat metik si klutuk.


#SETIP
#Day18
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar