Berbahagialah, Senin Datang Yuk, Kita Sambut




Senin atau Isnaini dalam bahasa arab adalah hari yang menjadi awal bagi setiap orang yang telah melalui libur pada hari sabtu dan ahad/minggu untuk beraktifitas kembali.  Bagi sebagian orang, terutama para pekerja, pelajar atau mahasiswa merasa hari senin adalah hari yang menyebalkan. Bahkan ada istilah I don't like Monday seperti sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Bon Jovi, atau beberapa mengatakan  I hate Monday. Wajar sih jika memang sebagian orang mengatakan/menganggap seperti itu. Karena disaat sedang asyik-asyiknya liburan, bercengkrama dengan sanak keluarga, eh waktu berlalu dan tibalah pada hari Senin.

Bagi kita umat Islam, sebaiknya tidak meniru atau bahkan sampai membenci hari Senin. Karena selayaknya umat Islam harus mengetahui hal-hal apa saja yang diperintahkan oleh Allah dam di anjurkan oleh Rasulullah. Sebagian dari kita ada yang rutin mengamalkan amalan sunnah, puasa senin kamis seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam. Mereka yang melakukannya tentu memiliki alasan selain mencontoh Rasulullah, salah satunya adalah sesuai dengan bunyi hadits berikut ini
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis ”. (HR.At-Tirmidzi)

Selain itu hadist sahih lainnya mengatakan hal yang serupa tentang betapa Rasulullah memuliakan hari Senin dan senantiasa melakukan kebaikan atau amal salih pada hari itu.
"Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan  dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuha.” (HR.Muslim)

Selain dua hadist diatas ada beberapa hadits sahih lainnya yang menjadi rujukan bahwa seorang muslim tidak boleh membenci hari senin dan sudah seharusnya antusias menyambutnya.

Selain itu pula, umat Islam harus mengetahui tentang banyaknya keutamaan hari Senin  agar kita bersemangat menyambutnya dan sudah sepatutnya kita  berbahagia, bersyukur bawha usia kita sampai di hari Senin kembali. Apa sajakah keutamaan hari senin, yuk kita simak!
1. Hari Lahirnya Rasulullah Sahalallahu 'Alaihi Wa Sallam
Manusia paling terpuji akhlaknya ialah Nabi Muhammad Sahalallahu 'Alaihi Wa Sallam sang pembawa risalah, nabi teladannya umat Islam. Beliau lahir pada hari Senin bulan Rabiul Awal bertepatan dengan 20 April tahun 570 Masehi. Di hari ini pula beliau wafat.

2. Di periksanya amal-amal manusia, yaitu pada hari Senin dan Kamis
Hal ini sesuai dengan hadits:
Amal-amal manusia diperiksa pada setip hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi dan lainnya)

3. Hari diturunkanya Alquran
Alquran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan, malam itu dikenal dengan sebutan Nudzulul Quran.
"Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya al-Qur-an kepadaku pada hari tersebut." (HR. Muslim)

4. Hari Dimana Rasulullah tiba di Madinah saat Hijrah
Hijrahnya Rasulullah adalah perintah Allah Shubhanahu Wa Ta'ala kala itu. Karena sikap atau penentangan dari kaum musyirikin yang dianggap membahayakan Rasulullah dan para sahabat.
"Lalu penduduk Madinah menemui Rasulullah di daerah Al-Harrah (tempat berbatu hitam di Madinah), lalu Rasulullah beralih bersama mereka ke sebelah kanan sampai beliau singgah bersama mereka di rumah Bani ‘Amru bin ‘Auf, dan saat itu adalah hari senin dari bulan Rabiul Awwal. " (HR. Bukhari)

Untuk itu ada beberapa tips agar kita tetap semangat dan berbahagia menyambut hari Senin

1. Niat untuk beramal Salih
Sebagaimana bunyi hadits diatas, kita antusias menyambut hari Senin agar bisa melakukan amalan sunnah puasa yaitu puasa Senin Kamis.

2. Tidur lebih awal
Sebagaimana anjuran Rasulullah, bahwa beliau pun tidur lebih awal agar dapat bangun lebih awal untuk melaksanakan salat malam. Selain itu, kita yang berniat melakukan puasa, bisa  makan sahur diwaktu tersebut.

3. Bersyukur 
Salah satu hal yang sering luput adalah mensyukuri nikmat yang telah diberi oleh Allah. Kita bisa menghirup udara pagi, berjumpa kembali dengan orang- orang terkasih adalah hal yang paling membahagiakan. Jadi syukurilah jika kita masih diberi kesempatan bisa bertemu dengan hari Senin kembali.

4. Jadikan Hari ini Lebih Baik dari Kemarin
Hari-hari yang dilalui sudah seharusnya menjadi hari yang terus lebih baik dari sebelumnya. Karena waktu begitu berharga, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya.

Itulah beberapa tips agar kita bersemangat menyambut hari Senin. dan keutamaannya. Semoga bermanfaat.


#Setip
#Day34
#EstriLookCommunity


You Might Also Like

0 komentar