Review Buku RATU (Rasulullahu Teladan Utama)






Review Buku
RATU (Rasulullahu Teladan Utama)
Penerbit : Syamil Books
Distributor:  Sygma Daya Insani

Assalamualaikum bloger

Sudah ada yang punya buku ini? atau mungkin punya salah satu bukunya sygma?Saya pun dapat buku ini dengan cara arisan, hehe. Karena buku Sygma Daya Insani ini memang tidak murah, alias cukup menguras kantong. Sebenarnya sudah lama, sejak masih punya 2 anak mau membeli ini, tapi dulu maju mundur cantik gitu, hehehe. Sampai akhirnya punya anak 3, dan kakak Z1 alias Ziyad sering baca bukunya di perpustakaan sekolahnya. Dan saya jadi tidak tega. Apa setelah itu langsung beli, tidak juga, hehehe. Masih nanti nanti terus, sampai akhirnya pada situasi ada diskon akhir tahun sebesar 25%. Bismillah kami beli(baca:arisan), alhamdulillah ternyata menang yang kedua.

Buku-bukunya Sygma memang bagus, jika melihat dari kertasnya saja sudah ketahuan pasti gak murah, jelas beda dengan komik atau  buku- buku lainnya. Selain itu buku- bukunya memang dikemas dengan bahasa yang mudah difahami oleh anak- anak. Contohnya saja buku RATU / Rasulullah Teladan Utama, Kisah atau sirroh Rasulullah disajikan dengan kalimat yang pendek- pendek tidak seperti cerita yang semuanya berebntuk tulisan. RATU ini memiliki banyak gambar dan colourful.  Bahasa yang kuat dan pemilihan diksinya pun disesuaikan dengan perkembangan psikologi anak. Buku RATU pun lebih dimengerti anak-anak.

Begitu buku mendarat dirumah, anak-anak senang sekali dan langsung membacanya, tapi bacanya belum berurutan. Padahal buku RATU ini ada beberapa buku. Ah, nyesel kenapa tidak dari dulu memberi nutrisi 'otak' untuk mereka. Padahal mereka gemar membaca, buku- buku yang dibeli di sebuah toko buku ternama saja hampir ludes dilahap. Kakak Z1 ternyata baru selesai buku 1, kalau teteh Z2, buku 11 dibaca lebih dulu, oke lah nak, yang penting kalian suka membaca.

Sebenarnya ada berapa jumlah buku RATU ini? Baiklah, saya ulas sedikit ya
Buku RaTu ini terdiri dari:

10 buku Utama
1. Cahaya dari Mekkah 
yang mengisahkan perjalanan hidup Nabi Muhammad Shallahu 'alaihi Wa Sallam dari lahir hingga hijrah.

2. Madinah Yang Bercahaya
Perjalanan Hidup Rasulullah dari Hijrah hingga wafat
Di buku yang kedua ini mengisahkan tentang kiblat, perang pertama, tanah syuhada,   haji dan khutbah wada, serta isyarat pengganti Rasulullah.

3. Ayah Penyayang
Pelayan Terbaik Keluarga dan Umat
Buku ketiga menceritakan tentang Ayah, ibunda, kakek dan paman beliau. Dibuku ketiga ini pun dikisahkan tentang Khadijah binti Khuwalid serta anak-anak beliau.

4. Pebisnis Ulung
Teladan Amanah dan Jujur
Beliau tekun mempelajari teknik wirausaha sejak usianya belia. Dibuku ini menceritakan perjalanan-perjalanan Rasulullah hingga menjadi pebisbnis ulung. Dibuku ini pun mengulas tentang awal mula Khadijah Binti Khuwalid mengenal sosok Rasulullah.

5. Rasul Seluruh Alam
Pembawa Kebenaran Yang Hakiki
Jahiliyahnya masayarakat Arab pada waktu itu membuat Rasulullah gundah dan hatinya berontak. Beliau kerap mengasingkan diri di Gua Hira yang akhirnya menemukan jawaban. Dibuku ini detail menceritakan tentang Zaman jahiliyah, tanda-tanda kenabian dan Rasullulah mendapat wahyu pertama.

6. Mukjizat Terbesar
Bukti Kenabian dan Kerasulan
Menceritakan tentang kelahiran dan bukti- bukti kenabian serta kerasulan Muhammad Shalallahu 'alaihi Wa salam.

7. Ibadah Rasulullah
Ahli Ibadah yang Penuh Sykur
Menceritakan tentang ibadahnya para nabi dan rasul, Shalat pertama, perintah shalat lima waktu, keutamaan shalat berjamaah, perintah puasa dan manfaatnya, perintah zakat dan manfaatnya, serta hajinya para nabi.

8. Dakwah Rasulullah
Tuntunan Utama bagi Para Pendakwah
Tugas berat yang diterima oleh Rasulullah , menyeru manusia untuk bertauhid pada Allah. Tantangan yang beliau terima, cacian, ancaman, bahkan pembunuhan.

9. Hijrah Menuju Kemenangan
Penuntun Umat menuju Kebenaran
Tentangan para masyarakat Mekkah selama 13 tahun terhadap Islam, kekejaman, penyiksaan bahkan pembunuhan banyak terjadi. Allah memerintahkan Rasulullah untuk berhijrah Q.S An-Nisa 100.

10. Panglima Tangguh 
Pemimpin Berani dan Adil
Pertentangan terhadap Islam, banyak terjadi tidak hanya di negeri Arab sendiri, akan tetapi di Romawi dan Persia. Allah pun membolehkan umat Islam untuk melakukan peperangan kepada mereka yang  menolak ajaran Islam. 

3 Buku Konten Pendukung

11. Komik Penuntun Hidup Mulia
Rasulullah adalah sosok teladan bagi umat Islam, beliau memiliki akhlaknya yang mulia. Beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Di buku ini menceritakan tentang akhlak Rasullullah yang luarbiasa.

12. Komik Nasihat Bijaksana
Berisi tentang nasihat-nasihat yang rasulullah sampaikan pada umatnya. Dikemas dengan komik keseharian.

13. Jejak Nabi dan Rasul
Berisi peta sejaraj perjalanan para Nabi dan Rasul dalam melakukan dakwah yang tercatat di Al-quran dan hadits.

Peta Sejarah dan Perjalanan  Rasulullah

Peta ringkasan kisah Rasulullah

Puzzle


Buku ini juga dilengkapi dengan kamus tiga bahasa sehingga anak- anak bahkan para orangtua bisa belajar mengetahui kosakata baru.


Jika kita ingin anak-anak kita mencontoh nabinya, ajarkan ia untuk mengenalnya, ajarkan anak-anak untuk mencintainya ajarkan mereka untuk mengetahui sejarahnya. Terkadang kita berharap terlalu tinggi, tanpa diimbangi dengan pengetahuan mereka akan nabinya. Tak kenal maka tak sayang, istilah itu memang benar , jika kamu ingin menyayangi Rasul mu, maka kenalilah beliau, lalu bagaimana kita memperkenalkan anak-anak pada Rasulnya jika orangtuanya saja tidak tahu tentang sirah Nabi? Bacalah, karena kini telah banyak sirah-sirah nabi yang dibukukan, salah satunya buku RATU ini. Conten yang insyaAllah terjamin benar. 
Yuk, kita kenali nabi kita, teladan kita agar kelak kita bisa meniru perilakunya yang mulia dan diertemukan di syurgaNya.


#SETIP
#Day25
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar