Mencontoh 7 Kebiasaan Rasulullah Di Hari Jumat

  • Januari 03, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments










Hari Jum’at adalah hari istimewa bagi umat Islam diseluruh dunia. Keistimewaanya bisa terlihat dari banyaknya amalan- amalan sunnah yang dilakukan pada hari itu. Laki-laki muslim pun dwajibkan untuk shalat jumat berjamaah. Sebagaimana firman Allah:
“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. AlJumu’ah: 9-10)

Adapun keistimewaan hari jumat telah jelas disebutkan dalam sebuah hadits,
 “Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim)
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada hari Jum’at memiliki kebiasaan tertentu. Beliau tidak hanya sibuk beribadah, seperti baca al-Qur’an, dzikir, dan shalat, tetapi juga menjalin dan mempererat tali silaturahim. 
Apa yang dilakukan Rasulullah tentu patut dicontoh dan diamalkan oleh umatnya. Karena Rasulullah adalah suri teladan yang baik. Pada hari Jumat kitapun bisa bersilaturahmi, dan melakukan ibadah sosial lainnya. Ada banyak sunnah yang bisa kamu lakukan di hari Jum’at, mulai dari ketika hari tersebut dimulai, saat sebelum shalat Jum’at, sampai ketika kita melaksanakan shalat Jum’at.
Sudah tahukah kamu kebisaan Rasulullah di hari Jum’at itu apa saja? Yuk kita simak 7 kebiasaan Rasulullah dikerjakan dihari Jum’at.

1.       Membaca Surat As-Sajdah dan Al- Insan Dalam Shalat Subuh
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam selalu membaca dua surat ini pada shalat subuh di hari Jumat. Dalam hadits shahih disebutkan
“Dari Abu Hurairoh Radiyallahu Anhu, ia berkata, “Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam biasa membaca lam mim tanzil As- SAjdah dan Hal ata ‘alal insan pada shalat subuh dihari Jum’at”. (Mutafaqun Alaih. Namun karena ini Sunnah, jadi seorang imam boleh membacanya dihari Jum’at dan boleh menyelinginya dengan surat atau ayat yang lainnya. Namun alangkah baiknya jika imam selalu membaca dua surat ini.

2.       Mandi
Banyak sekali hadits yang menyebutkan tentang mandi Jum’at ini.
“Mandi pada hari Jum’at adalah wajib atas setiap orang yang sudah baligh”. (Muttafqun Alaih)
Dalam hadits lain diriwayatkan dari Ibnu Umar Radiyallahu Anhuma disebutkan bahwa beliau bersabda:
“Apabila salah seorang kalian mendatangi shalat Jum’at, amak hendaklah ia mandi”. (Muttafaqun Alaih)

3.       Memotong Kumis Dan Kuku
Sebelum berangkat shalat Jum’at kamu muslimin biasa merapikan dahulu penampilannya. Entah itu dengan mandi terlebih dulu, mengosok gigi, dan mengenakan pakain terbagus serta memakai wewangian.  Selain hal tersebut, disunnahkan memotong kumis dan kuku. Karena Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam biasa memotong kuku dan kumisnya sebelum pergi ke masjid untuk shalat Jum’at. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:
“Lima hal dari fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis”. (Muttafaq Alaih)

4.       Memakai Pakaian Terbaik Untuk Shalat Jumat
Pakaian apa yang biasa kamu pakai untuk shalat? Pakailah pakaian yang bersih, rapih dan pantas untuk kamu pakai shalat. Terlebih lagi bagi kamu yang akan melaksanakan shalat Jum’at.
“Dari Jabir bin Abdillah Radiayallahu Anhu, ia berkata, ‘Bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mempunyai jubbah yang selalu beliau pakai pada dua hari raya dan hari Juam’at”. (HR. Al-Baihaqi)
Tentang sunnah memakai pakaian terbaik ini juga termasuk memakai wewangian  Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Barang siapa yang mandipada hari Jum’at dan memakai minyak wangi jika ada, lalu mengenakan pakaian terbaiknya, kemudian dia kerluar dengan tenang hingga samapi ke masjid, lalu dia shalat jika memungkinkan serta tidak menyakiti seorang pun, kemudian dia diam jika imamnya keluar sampai shalat, maka segala dosanya diampuni diantara hari itu dan Jum’at berikutnya”. (HR. Ahmad)
5.       Membaca Surat Al-Jumuah dan Al-Munafiqun dalam shalat Jumat
“Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam biasanya membaca surat Al-Jumuah dan Al-Munafiqun dalam dua rakaat Jum’at”. (HR. Muslim)
Namun beliau tidak selalu membaca surat Al- Jumuah dan Al- Munafiqun dalam shalat Jum’at. Terkdang beliaupun membaca surat Al-Al’a dan Al-Ghasiyah.

6.       Tidak segera melakukan shalat sunnah setelah Jum’at

Setelah selesai menjalankan shalat Jum’at, selepas mengucapkan salam kekanan dan kekiri, seyogyanya duduk dulu beberapa saat untuk berdzikir dan berdoa. Karena pada saat itu merupakan waktu yang sangat bagus untu bermunajat pada Allah. Hendaknya kamu tidak langsung melaksanakn shalat Sunnah. Sebab hal inibukanlah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam
“Dari Ibnu Umar Radiyallahu Anhuma, bahwasanya Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam tidak pernah shalat setelah shalat Jum’at hingga pulang dan shalat dua rakaat di rumhanya”. (HR Muslim)

7.       Shalat Sunnah setelah Jum’at
Mengerjakan shalat Sunnah setelah Jum’at adalag kebiasaan Rasulullah yang sudah seharusnya ditiru.
“Dari Abdullah bin Umar Radiyallahu Anhuma, ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallambiasa mengerjakan shalat dua rakaat pada hari Jum’at dirumahnya”. (HR. Al- jamaah)


Demikianlah kebiasaan yang dilakukan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada hari Jum’at. Semoga kita bisa mencontoh apa yang menjadi kebiasaan beliau



#ODOP
#EstryLookCommunity
#Day4





You Might Also Like

0 komentar