Uli Ketan Goreng Kudapan Yang Ngangenin

  • Januari 03, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments


Uli Ketan Goreng Kudapan Yang Ngangenin

Hai blogger

Buat kamu yang berasal dari daerah sunda, pasti kenal dengan kudapan yang satu ini. Uli ketan juga menjadi kudapan yang khas bagi masyarakat Betawi. Mereka biasa menyajikan pada saat Idul fitri atau Iedul Adha. Tak jauh berbeda dengan masyarakat Betawi, masyarakat Sunda pun menyajikan uli ketan goreng pada saat Idul Fitri atau Iedul Adha. Sebagian mereka menyantap uli ketan goreng dengan semur daging.

Kini uli ketan goreng biasa dinikmati dengan di temani kopi panas, dan srupuuut… hmmm nikmat. Bagi kamu yang tidak menyukai kopi, tentu bisa menikmatinya dengan teh manis hangat atau susu jahe. Uli ketan goreng ini tetap nikmat disandingkan dengan minuman lainnya. Uli ketan goreng ini pun bisa dicocol dengan sambal kacang, oncom dan sangrai kelapa.

Uli adalah makanan yang berbahan dasar beras ketan dan parutan kelapa. Kamu pasti tertarik dan ingin mencoba membuatnya dirumah. Yuk, kita intip cara membuat uli ketan. Berikut bahan- bahan yang diperlukan.

Bahan- bahan
·      1 liter beras ketan putih
·      1 butir kelapa parut
·      Garam secukupnya

Cara membuat:
·      Cuci bersih beras ketan,  kemudian rendam selama 6 jam
·      Kukus beras ketan bersama kelapa hingga matang
·      Setelah matang, tempatkan ketan dan kelapa didalam baskom
·      Selagi panas, tumbuk dengan penumbuk yang dilapisi plastik hingga lembut dan tak lengket. Jika tektur yang diingkan lebih halus dan lembut maka terus tumbuk sampai benar- benar halus sesuai keinginan.
·      Potong uli sesuai selera, lalu masukan uli ketan yang telah halus ke daun pisang/ plastik. Tunggu sampai uli dingin
·      Ketan uli siap disantap atau digoreng.
·      Bagi kamu yang ingin langsung menyantapnya, uli ketan bisa disantap dengan tape uli, jika ingin dibakar bisa dinikmati dengan serundeng.
Membuat uli ketan mudah bukan? akan tetapi prosesnya memang cukup memeras tenaga. Tapi hasil yang didapat tentu seimbang, dan keringat yang keluarpun berasa tak berarti setelah mencoba nikmatnya uli ketan goreng.

Selamat mencoba!



#ODOP
#EstryLookCommunity
#Day1


You Might Also Like

0 komentar