4 Kudapan Nikmat Olahan Tape Singkong

  • Januari 21, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments




 
source pict: www.khasiat.co.id



Assalamualaikum bloger

Kalau orang Sunda pasti sudah tak asing lagi dengan tapai atau tape singkong. Mereka biasa menyebutnya peyeum.  Peyeum adalah olahan singkong yang difermentasi dengan ragi. Singkong yang digunakan adalah singkong mentega, tak heran warna peyeum atau tape singkong itu kuning, manis, dan bertekstur lembut seperti mentega.
Buat kamu penikmat peyeum, selain bisa disantap langsung kamu pun bisa menjadikanya kudapan yang nikmat. Selain dijadikan campuran di es doger dan es campur, tape singkong bisa dinikmati dengan cara yang lain yang tak kalah nikmatnya. Apa saja itu? Yuk kita simak!

1.     Bolu Tape
source: youtube

Bolu tak hanya dibuat dengan telor, terigu dan bahan- bahan lainya. Tape singkong pun bisa menjadi salah- satu bahan yang bisa menambah cita rasa bolu. Cara membuatnya hamper sama dengan bolu- bolu lainya. Tape singkong dilumatkan hingga halus lalu campurkan dengan bahan- bahan bolu lainnya. Setelah matang, beri taburan keju atau kismis diatasnya. Hmm bolu tape nikmat disajikan saat kumpul keluarga atau acara lainnya.


2.    Prol Tape


source pict: cookpad
 
Membuat prol tape cukup mudah. Kamu tak perlu menggunakan mixer untuk membuatnya. Prol tape memiliki tekstur yang padat namun lembut dimulut serta manis.’Prol’ sendiri berarti lumer atau “langusung pecah” dimulut.


3.    Colenak



source pict: Cookpad
Kudapan dari Bandung ini sangat melegenda. Peyeum dibakar lalu dilumeri saos karamel menambah nikmat kudapan yang satu ini. Colenak mengandung arti dicocol langsung enak.
Cara membutnya tak begitu sulit. Tape singkong dibakar lalu dituangkan dengan saos gula merah dan parutan kelapa diatasnya. Kamu pun bisa menambahkan dengan kacang tanah yang disangrai.


4.    Rondo Royal / Tape Goreng
source pict: cookpad


Untuk kudapan yang satu ini, munking kamu sudah sering menikmatinya. Caranya pun cukup mudah. Kamu tinggal mencampurkan tape dengan tepung terigu, beri garam secukupnya lalu aduk hingga rata, dan goreng. Mirip tape goreng ya? Yup, Rondo royal adalah sebutan untuk kudapan tape yang digoreng.  Orang jepara menyebutnya Rondo Royal atau monyos. Untuk toping kamu bisa melumerinya dengan susu kental manis, cokelat, atau parutan keju.

Wah semua kudapan olahan tape singkong diatas saya suka. Bagaiman dengan kamu? Kita coba dirumah yuk!


#ODOP
#Day21
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar