Lakukan 4 Hal Ini Ketika Bersin

  • Januari 03, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments






Lakukan 4 Hal Ini Ketika Bersin
 

Hai blogger

Setiap orang pasti pernah mengalami dan merasakan bersin. Bersin adalah suatu aktifitas tubuh untuk mengeluarkan udara dengan keras, kuat dan disertai hentakan melalui dua lubang yakni hidung dan mulut.

Hembusan kuat bersin menyeret mikroba, debu dan polutan yang sempat masuk ke sistem pernafasan. Manfaat lain dari bersin ialah sebagai refreshing. Kejutan yang dirasakan saat bersin akan menyegarkan urat- urat syaraf dan memulihkan konsentrasi. Untuk itu ketika kamu bersin lakukan 4 hal ini agar menambah rasa syukur dan keberkahan.

1. Hendaknya Merendahkan Suara Ketika Bersin
Hal ini merupakan adab yang dianjurkan oleh Rasulullah lho, betapa Islam sangat rinci mengatur segala hal dalam kehidupan ini. Hal ini tentu saja agar suara bersin yang kerluar tidak menganggu orang lain.
Berikut sabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.
“Bahwasanya apabila Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersin, beliau menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambal merendahkan suaranya”. ( HR. Ahmad, Abu Dawud, dan At- Tirmidzi )

   2. Tutup Mulut dan Hidung
Jangan remehkan seseorang yang bersin meskipun ia berada dalam jarak yang cukup jauh dengan kamu. Karena partikel cipratan bersin bisa “terbang” hingga lima langkah kaki bahkan lebih. 
Menurut Dr, Marjorie L. Slankard, MD seorang dokter sekaligus direktur alergi klinik di Columbia New York Presbyterian Medical Center, hal ini disebabkan oleh reaksi bersin yang cukup kuat serta ukuran partikel cipratan yang cukup kecil, sehingga bisa menempuh jarak yang cukup jauh. Oleh karena itu penting untuk menutup mulut dan hidung saat kamu bersin.

    3. Ucapkan Syukur
Dalam Islam, orang yang bersin dianjurkan untuk mengucap syukur setelahnya yaitu ucapkan Alhamdulllah (segala puji bagi Allah) begitupun orang yang mendengar bersin dan mengucapkan alhamdulillah wajib melakukan tasymit kepadanya yaitu dengan mengucapkan Yar hamukallah ( semoga Allah memberi rahmat kepadamu). Begitu jawaban hingga tiga kali bersin.  Indahnya Islam yang saling mendoakan sesama.

   4. Cuci Tangan
Sekalipun kamu merasa bahwa tanganmu masih kering setelah menutup hidung dan mulut saat bersin, langkah ini adalah salah satu upaya mencegah transfer virus atau kuman kepada tangan siapa saja yang kamu pegang. Cuci tangan dengan sabun, bilas sampai bersih lalu keringkan tangan dengan handuk atau tisu.

Nah, mudahkan? Selamat mencoba



#ODOP
#EstryLookCommunity
#Day2

You Might Also Like

0 komentar