Sikecil Seri Yang Penuh Manfaat

  • Januari 10, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments






Kalau membahas buah ini jadi ingat waktu kecil dulu. Sering sekali memanjat pohon ini demi mendapatkan si kecil merah yang manis. Bahkan sampai pernah jatuh dengan pohonya alias roboh. 😀😀

Ternyata buah seri atau kersen dalam bahasa Inggris dan memiliki nama ilmiah Mutingua Calabura ini punya manfaat juga lho. Buah kecil mungil yang berwarna hijau saat masih mentah dan merah jika sudah matang ini manis rasanya, tidak heran kalau dulu saya adalah salah satu penggemarnya.

Awalnya saya hanya mengira kalau pohon seri ini hanya pohon liar yang bisa tumbuh dimana saja dan tidak punya manfaat lain selain pohonnya yang rindang yang bisa membuat teduh.

Pohon seri ini dapat tumbuh berkembang dan berbuah sepanjang tahun, meskipun dalam musim kemarau. Ia tumbuh cepat dan tidak memerlukan banyak air, karena tanaman  seri memiliki akar yang berambut dan mampu mengikat air untuk disimpan dan digunakan pada musim kemarau tiba.

Tentu saja,  Allah menciptakan segala sesuatu itu pasti dengan manfaatnya  masing-masing,  hanya saja mungkin keilmuan kita yang belum bisa menggapainya.

 Nah,  mau tahu apa saja sih manfaat buaj seri ini. Yuk,  kita intip 5 manfaat kesehatan dari buah ini

1.Kaya Vitamin C
Buah seri ini ternyata kaya akan vitamin C, dalam 100 gram buahnya  sama dengan mengandung 150 mg vitamin C.

2.Mengurangi kadar kolesterol

3.Mengatasi Masalah Pencernaan

4.Mengandung Banyak Nutrisi

Diantaranya : Protein, Kalsium, Zat besi, Lemak tak jenuh ganda, Karbohidrat, Serat dan fosfor.

5.Anti Oksidan,
Kandungan anti-oksidan dari buah seri cukup tinggi, sebagaimana kita ketahui  bahwa Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, dan dapat mencegah flu dan pilek, serta mengatasi berbagai jenis penyakit kardiovaskular. Selain itu buah seri ini memiliki 24 senyawa flavonoid dan fenolik yang baik untuk tubuh yang mampu menangkal radikal bebas.

Nah,  sekarang sudah tahu kan apa saja manfaatnya, sekarang kalau lihat tanaman ini berbuah gak usah malu,  atau ragu untuk memetiknya.  😊😊


#ODOP
#Day10
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar