Kenali 12 Waktu – Waktu Mustajab Agar Doa DiiJabah

  • Januari 25, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments








Assalamualaikum bloger


Kita sebagai muslim seharusnya memanfaatkan waktu- waktu yang utama untuk berdoa agar mendapatkan keberkahan atas segala yang kita lakukan. Akan tetapi banyak dari kita tidak mengetahui dan melewatkanya begitu saja. Atau mungkin kita sudah mengetahuinya namun masih belum maksimal dalam memanfaatkanya.
Allah memberikan masing- masing waktu dengan keutamaan dan kemuliaan yang berbeda beda, diantaranya ada waktu- waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa. Adapun waktu- waktu yang mustajabah tersebut anatara lain.

1.     Sepertiga Malam Terakhir
Dari Abu Hurairoh Radiayallahu Anhu bahwasanya Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya RAbb kami yang MAha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam kelangit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman; Barangsiapa yang berdoa, maka akan Aku kabulkan, barang siapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan, dan barang siapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya” (HR. Al- Bukhari)

2.     Malam Lailatul Qadr
Dalil yang menunjukan adalah Firman Allah Shubhanahu Wa Ta’ala dalam surat Al- Qadr dan Hadits Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam, dari Aisyah Radiyallahu ‘Anha ketika ia berkata, Wahai Rasulullah beritahukanlah kepadaku apa yang akan aku ucapkan jika aku mengetahui malam Lailatul Qadr?” Beliau menjawab, “ucapkanlah” ; Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Tuhan Yang Maha Pemaaf dan MAha Pemurah. Engkau suka memaafkan, maka amunilah aku.” (HR. At- Tirmidzi)

3.     Ketika Sujud
Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Keadaan yang paling dekat seseoarang hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu perbanyaklah berdoa (ketika sujud).” (HR. Muslim)

4.     Antara Adzan dan Iqomat
Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Berdoa tidaklah ditolak antara adzan dan iqomat.” (HR. At-Tirmidzi)

5.     Saat berbuka puasa Bagi Orang Yang Berpuasa
Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Radiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak.”

6.     Ketika Turun Hujan
Dari Shal bin a’ad Radiyallahu ‘Anhu bahwasanya  Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Dua doa yang tidak pernah ditolak; doa pada waktu adzan dan iqomat dan doa pada waktu kehujanan.” (Mustadrak Hakim dan dishahihkan oleh adz- Dzahabi dan Al- Bani)

7.     Setelah Ashar di Hari Jum’at
Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “HAri Jum’at (siangnya) ada 12 waktu. tidak ada seorang hamba yang muslim meminta kepada Allah sesuatu kecuali akan diberikan, maka carilah saat tersebut di waktu terakhir setelah shalat ashar.” (HR. Abu Dawud, An- Nasa’I dan Hakim)

8.     Ketika Minum Air Zamzam Dengan Niat Yang Baik
Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Air zamzam itu sesuai maksud yang meminumnya.” (HR. Ibnu Majah, Ahmad disyahikan oleh Al-Bani)

9.     Saat Perang Berkecamuk
Dari Shal bin Sa’ad radiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Ada dua doa yang tidak tertolak atau jarang tertolak; doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk.” ( SunanAbu Daud, Sunan Baihaqi,Hakim, dan disahihkan Imam Nawawi)

10.   Doa Pada Hari Arafah
Dari ‘Amr bin Syua’ib Radiyallahu ‘Anhu dari bapaknya dari kakeknya bahwasanya Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Sebaik- baik doa adalah pada hari Arafah.” (Sunnan At-Tirmidzi)

11.    Doa Orang Yang Tidur Dalam Keadaan Suci  dan Membaca Dzikir
Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim yang tidur setelah berdzikir dan dalam keadaan suci, lalu ia bangun di malam hari, kemudian meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, kecuali Allah akan memberikannya.” (HR. Abu Dawud dan disahihkan oleh Syekh Al- AlbAni)

12.   Doa Saat Ajal Tiba
Ummu Shalamah berkata, Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah menemui Abu Shalamah. Saat itu, matanya terbelalak makan beliau segera memejamkan matanya, kemudian, beliau bersabda: “Sesungguhnya ruh itu apabila dicabut, maka akan diikuti oleh penglihatan.” Maka keluarganya panic, lalu beliau bersabda, “Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali yang baik, karena para malaikat mengaminkan ucapan kalian. “ Kemudian beliau berdoa, “Ya Allah ampunilah Abu Shalamah, tinggikanlah derajatnya ditengah- tengah orang yang mendapat petunjuk, gantikanlah ia pada keturunannya ditengah-tengah orang yang hidup, ampunilah kami dan dia wahai rabbul ‘Alamin. Luaskanlah kuburnya dan berilah cahanya didilamnya.” (HR.Muslim)



semoga bermanfaat



#ODOP
#Day24
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar