Saat Futur melanda, Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Tetap Semangat Beribadah Dan Menuntut Ilmu Agama

  • Januari 26, 2019
  • By Yuni Siti Nuraeni
  • 0 Comments




 
source pict: pixabay

Assalamualaikum bloger

Ketika seorang penuntut ilmu, seorang yang rajin/ ahli ibadah merasa futur. Ia yang dulu rajin shalat berjamaah ke Mesjid, tidak lagi melangkahkan kakinya ke Mesjid karena berbagai alasan, ia yang dulu rajin mendatangi majelis ilmu, karena terlalu sibuk, tak sempat lagi belajar ilmu agama. Ketika shalat dilaksanakan tapi hati berada ditempat lain. Ketika raga berada dalam majelis ilmu, tapi hati dan pikiran fokus pada hal lainya. 

Futur secara bahasa bermakna pecah, lemas, dan lemah (Al-Mukhtasr As- Shahihah, Bab Fatara), sedangkan menurut Ar-Raghib (dalam Al- Mufradat fi Gharibil Qur’an Hal. 731) futur artinya terputus setelah tersambung , lembut setelah keras, dan lemah setelah kuat.

 “Sesungguhnya setiap amal ada saat semangat ada saat FUTUR-nya…”( HR, Ahmad dan dinilai shahiholeh Syekh Al- Albani dalam shahih Al- Jami’ As- Shaghir). Futur merupakan penyakit malas, rasa enggan dan lamban dalam melakukan kebaikan, padahal sebelumnya rajin dan bersemangat melakukannya. Futur ini adalah penyakit yang sering menjangkiti orang- orang yang menuntut ilmu agama, ahli ibadah dan da’i. Orang yang terjangkit penyakit futur akan menjadi lemah dan malas, bahkan terhenti dari melakukan aktifitas kebaikan. Allahul musta’an
 
Kita sebagai hamba Allah Shubhanahu Wa Ta’ala tentunya ingin agar setiap ibadah yang kita lakukan itu terus meningkat atau istiqomah, bukan menurun. Setiap harinya lebih baik dari hari kemarin.  Lalu bagaimana kita menghindari penyakit futur ini? Sebelumnya kenali penyebab futur agar kita bisa terhindar darinya.

.     1. Tidak Ikhlas dalam Beribdah
   2.    Lemahnya Ilmu Agama
   3.    Melakukan Perbuatan Dosa Serta Memakan Makanan Haram
   4.    Berteman dengan Orang- orang yang Lemah keinginannya dalam Melakukan Kebaikan
   5.    Tinggal Di ditengah Masyarakat Yang Rusak
   6.    Sibuk Dengan Urusan Dunia
   7.    Menyia- nyiakan Waktu
   8.    Menunda- nunda Pekerjaan
   9.    Fitnah (cobaan) anak dan isteri/suami
  10. Kecintaan Hati Yang Berlebihan kepada Dunia dan Melupakan Akhirat

Setelah kita mengetahui Penyebabnya, mari kita simak kiat yang bisa kita lakukan agar terhindah dari penyakit futur. Menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al- Utsmaini, Dha’ful himmah (tekad yang lemah) dalam menuntut ilmu agama (Islma) adalah salah satu musibah yang besar. Untuk mengatasinya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

  1.     Mengikhlaskan Niat Hanya Untuk Allah
  2.    Berteman dengan Teman- teman yang Semangat dalam Menuntut Ilmu
  3. Ingat Kematian
  4.  Perbanyak Dzikir, dan Amalam Sunnah lainnya
  5. Tinggalkan Musik yang Melenakan, Ganti dengan Murotal
  6. Bersabar
“Dan Bersabarlah kamu bersama- sama dengan orang- orang yang beribadah kepada Tuhan mereka di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia.” (Q.S Al-Kahfi 28)


Semoga kita terhindar dari rasa malas dalam beribadah dan penyakit futur.  Wallahu’alam bishawab




#ODOP
#Day25
#EstriLookCommunity

You Might Also Like

0 komentar