Inilah 10 Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga










Assalamualaikum bloger

Mungkin kamu telah mengetahui siapa saja sahabat Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang dijamin masuk syurga. Mereka adalah kalangan terbaik kaum quraisy, sosok terbaik dikalangan pemeluk Islam generasi awal. Terbaik dikalangan muhajirin (yang hijrah ke Madinah), terbaik dikalangan pasukan perang Badar, terbaik dikalangan para pembai’at Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dan pemuka umat ini baik didunia dan diakhirat. 

Kesepuluh orang sahabat Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam ini menempati posisi yang mulia dimata kaumnya dari segi nasab dan garis keturunannya. Mereka pun menempati peringkat utama dikalangan para sahabat Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dalam hal kekuatan iman, kemantapan keyakinan, keberanian, kepahlawanan, keteguhan sikap, dan jihad yang berkesinambungan diberbagai medan pertempuran sejak masa kenabian hingga periode khilafah ar- rasyidah.

1.      Abu bakar Ash-Shiddiq (Pemimpin Kaum Muslimin, Teman Nabi Di Gua Hira, dan Khalifah Terpilh)

Orang yang pertama masuk Islam dan sangat yakin akan kebenaran kenabian Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam serta dakwahnya. Dalam hal ini Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam menyatakan, “Setiap saya mengajak seseorang masuk Islam, selalu terbesit tanya dan keraguan dalam benaknya berbeda dengan Abu Bakar, dia tidak berpikir panjang untuk memenuhi ajakanku dan dia tidak ragu sedikitpun.
Setiap kali Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengabarkan sesuatu, Abu Bakar selalu menjadi orang pertama yang membenarkan dan mengimaninya. Abu Bakar senantiasa menjadi sahabat setia Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam sejak masuk Islam hingga Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam wafat. Maka pantas Abu Bakar memperoleh pujian dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam al-Qur’an surat At- Taubah: 40

2.      Ummar Bin Khatab ( Tokoh Jenius Dunia dan Pendiri Negara Islam)

Umar berusaha untuk membuat dirinya mencintai segala hal yang dicintai dan diinginkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Sifatnya yang membuat berbeda dengan yang lain adalah ucapanya yang benar, tidak pernah takut celaan orang dalam menyampaikan kebenaran. Bahkan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengatakan “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menjadikan kebenaran melekat pada lisan dan hati Ummar”.
Umar telah mendampingi Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dalam rentang waktu yang cukup panjang. Pada masa itu banyak wahyu yang turun, Rasulullah pun menyampaikan pada semua orang, mengajari mereka, dan memberi penjelasan. Disamping itu terjadi berbagai peristiwa, muncul banyak persoalan, yang terkadang membutuhkan pendapat para sahabat. Dalam hal ini Umar kerap memberi sumbangan pemikiran, lalu datang wahyu mendukung pemikiran tersebut. Bahkan Umar sering menginginkan sesuatu berubah, menganggap baik beberapa hal lain, berharap terjadi sesuatu, lalu wahyu pun turun sesuai dengan apa yang dibicarakan atau diinginkan oleh Umar.

3.      Utsman Bin Affan ( Pemilik Dua Cahaya, Pemalu Yang Dermawan, Saksi Al-Quran)

Ustman bin Affan merupakan salah seorang yang dipilih oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk bergabung ke dalam barisan para penolong Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Mereka beriman pada beliau, menolongnya, memperkuat kedudukanya, berjihad bersamanya, dan ikut menanggung beban risalah di hari- hari pertama kemunculanya. Utsman bin Affan termasuk salah satu dari delapan orang yang paling pertama masuk Islam, membenarkan Rasulullah dan beriman kepada yang dibawanya dari sisi Allah.
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam menikahkannya dengan puti beliau yaitu Ruqayyah Radiyallahu Anha. Ketika Ruqayyah meninggal, Utsman dinikahkan dengan putri beliau yang lain, yaitu Ummu Kultsum.

4.      Ali Bin Abi Thalib (Khlifah Zuhud dan Mujahid Perkasa)

Merupakan sepupu Nabi yang juga suami dari Fatimah Azzahra putri nabi. Ali bin Abi Thalib Radiyallahu Anhu senantiasa menyertai Rasulullah belajar Al-Quran pada beliau dengan jiwa dan hati yang penuh perhatian, kecerdasan yang menyala- nyala, dan keinginan yang kuat.
Ali bin Abi Thalib menempati posisi yang mulia disisi Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, karena banyak kebijakannya, besar jasanya, dan berbagai keutamaan serta hubungan kekerabatan dengan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

5.      Abu Ubaidah Bin Al- Jarrah (Penakluk Wilayah Syam, Kepercayaan Umat)

Ke Islamannya terjadi pada masa- masa awal sebelum Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam masuk kerumah Al- Arqam bin Abil Arqam. Saat itu dakwah dilakukan dengan sembunyi- sembunyi. Abu Ubaidah dan orang – orang bersamanya bergabung ke dalam dakwah panji Rasulullah.
Abu Ubaidah dengan jiwa mudanya dan semangat kaum mukminin, menjelma sebagai pembela Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, ikut mengemban panji dakwah, menyingkirkan segala rintangan, dan mengikuti jejak langkah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

6.      Abdurrahman Bin Auf (Tokoh Yang Jujur, Mulia, dan Tulus, Anggota Majelis Syura dan Dermawan)

Abdurahman bin Auf merupakan tokoh besar Muhajirin. Ia memeluk Islam pada awal dakwah bersama kelompok yang pertama masuk Islam lainnya. Ia bergabung dalam madrasah Islam yang pertama dirumah Al- Arqam yang berada di bukit Shafa. 
Abdurahman bin Auf menemani Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam selama periode Mekah dan tidak pernah berpisah dengan beliau kecuali selama ia hijrah ke Habasyah. Kemudian ia melanjutkan kebersamaan itu tersebut di Madinah.

7.      Thalhah Bin Ubaidillah (Seorang Yang Sangat Dermawan, Tokoh Mujahid Yang Syahid)

Thalhah telah menyatakan ke Islmannya sejak awal terbitnya fajar dakwah. Ia menempatkan dirinya pada posisi istimewa dalam barisan terdepan yang mendahului penduduk bumi lainya untuk mengangkat bendera dakwah. Dalam setiap peristiwa ia memberikan kontribusi yang banyak dan nyata.

8.      Zubair Bin Awwam ( Pembela Rasulullah, Orang Pertama Yang Menghunus Pedang di Jalan Allah)

Diantara keutamaan Zubair bin Awwam yang paling menonjol adalah ia termasuk orang yang pertama masuk Islam, dan menjadi bagian dari kaum Muhajirin. Dia juga ikut dalam perang Badar dan ikut dalam perjanjian Hudaibiyah dan bebai’at dibawah pohon.

9.      Sai’d Bin Zaid ( Sosok Yang Wara’)

Sai’d masuk Islam sejak awal kemunculan dakwah, dan bergabung dengan para pahlawan pengusung panji dakwah yang pertama. Sa’id terus mendampingi Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

10.  Sa’a Bin Abi Waqash (Penakluk Iraq)

Sa’ad bin Abi Waqash adalah pemanah ulung, tidak penah sekalipun panahnya meleset dari tujuannya dan ia merupakan orang pertama yang melesatkan panahnya dijalan Allah. Hari- hari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam di Madinah dipenuhi dengan gerakan jihad yang luas dan Sa’ad tidak pernah absen dalam setiap peperangan yang diikuti Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam


Itulah 10 sahabat yang dijamin masuk surga. semoga kita bisa meneladani kesetiaan dan ketaatan mereka pada Allah dan Rasul-Nya.




^-^ ODOP
^-^Day8
^-^EstryLookCommunity

You Might Also Like

15 komentar

  1. Aamiin, semoga mba Yuni kita bisa meneladani sifat&keteladanan mereka.

    BalasHapus
  2. Semuanya diidolakan.. tapi saya selalu salut dan antusias tiap dengerin kisahnya Abdurahman Bin Auf seorang kaya Raya yang super duper dermawan. Wallahu alam dijaman sekrang apakah ada konglomerat seperti beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Maa syaAllah Abdurahman bin auf memang sosok yang luarbiasa dermawan, sm halnya dengan Utsman bin Affan. semoga ada sosok dermawan seperti mereka

      Hapus
  3. MasyaAllah mbak, makasih sharingnya. Semoga kami bisa meneladani sifat dan sikap para sahabat Rasulullah di atas.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah aku baca artikel ini jadi rindu banget sama Nabi Muhammad dan para sohabatnya. Thanks for sharing mba, jadi lebih ngerti banget dan bisa tau ada 10 sohabat, karena sebelumnya hanya tau beberapa saja

    BalasHapus
  5. Saya suka banget baca tulisan ini, memang sudah seharusnya ke 10 orang pilihan Allah ini dijamin masuk surga. Semoga kita juga bisa meneladani perilaku mereka dan menjadi orang-orang yang dipilih Allah untuk mendapat surgaNYA.

    BalasHapus
  6. Aamiin Allahumma Aamiin
    Smoga kita bisa seperti sahabat² rosul,, dan menjadi ahli syurga 😇
    Trimakasih sharingnya mb 😊

    BalasHapus
  7. Aamiin.. semoga kita dapat meneladaninya🙏

    BalasHapus
  8. Waalaikumsalam... Wah sahabat nabi yang beruntung yaa dijamin msk surga. Semoga kita juga dpt berkah kebaikan dlm hidup. Aamiin

    BalasHapus
  9. para sahabat nabi ini orang orang yang berperilaku mulia, semoga kita semua bisa meneladani sifat sifat mereka.

    BalasHapus